Apa Saja Perbedaan Modifikasi Motor Japstyle dengan Scrambler?

Bonifasius Sedu Beribe
Senin 13 Maret 2023, 19:04 WIB
Beda Japstyle dengan Scrambler sebenarnya cukup simpel dilihat jika mengetahui fungsi hasil modifikasinya. Sayangnya jika dilihat dari tampilan saja, kedua model modifikasi ini sangat mirip

Beda Japstyle dengan Scrambler sebenarnya cukup simpel dilihat jika mengetahui fungsi hasil modifikasinya. Sayangnya jika dilihat dari tampilan saja, kedua model modifikasi ini sangat mirip

LABVIRAL.COM, Beda Japstyle dengan Scrambler sebenarnya cukup simpel dilihat jika mengetahui fungsi hasil modifikasinya. Sayangnya jika dilihat dari tampilan saja, kedua model modifikasi ini sangat mirip. Untuk membantu Anda membedakan, mari bahas beberapa karakteristik pembedanya berikut ini!

Perbedaan penggunaan

Hal pertama yang paling menonjol adalah beda penggunaan. Motor Japstyle lebih digunakan untuk kebutuhan on-road dan city to city travel. Sedangkan Scramble lebih ditujukan untuk all terrain vehicle. Jadi karakteristik Scrambler lebih ditujukan untuk kemampuan menjelajah off-road tapi juga bisa untuk on-road.

Baca Juga: Biaya dan Cara Modifikasi Motor Japstyle, Cek Disini

Hal ini bisa dilihat dari bagaimana tiap model motor ini dimodifikasi. Scrambler akan melihat dekat kekuatan frame, shock breaker, grip roda, kemampuan rem dan juga perlindungan terhadap mesin. Sedangkan Japstyle lebih terkesan terbuka dan lebih mementingkan style dan kemampuan kecepatan di atas aspal.

Tangki dan tempat duduk

Beda Japstyle dengan Scrambler bisa juga dilihat dengan ukuran tangki dan posisi tempat duduknya. Japstyle akan menggunakan tangki dengan ukuran besar dan memosisikan tempat duduk lebih rendah dari tangki standar. Tempat duduk ini juga pasti single seater.

Baca Juga: Sejarah Unik Modifikasi Japstyle dan Perkembangannya di Indonesia

Sedangkan Scramble akan menggunakan tangki ukuran standar dengan tempat duduk bersudut. Hal ini untuk memastikan pengendara stabil selama mengendarai motor di area ekstrem. Tempat duduk untuk Scrambler pasti lebih tebal untuk menjamin kenyamanan berkendara di area kasar.

Penggunaan cover mesin

Walaupun ada model Japstyle yang menggunakan cover untuk mesin, biasanya model ini tidak menggunakan perlindungan banyak. Modifikasi ini lebih menarik jika memperlihatkan mesin yang digunakan secara lebih terbuka.

Karakteristik Japstyle dengan mesin terbuka akan jauh berbeda dengan Scrambler yang tertutup. Alasan menutpu mesin ini adalah karena fungsinya sebagai motor off-road. Jika harus menjelajah ke tempat berlumpur, basah dan terkenang, pasti lebih aman menggunakan cover untuk mesin.

Perbedaan fokus desain

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini