Sejarah Unik Modifikasi Japstyle dan Perkembangannya di Indonesia

Bonifasius Sedu Beribe
Senin 13 Maret 2023, 18:52 WIB
Bagi Anda yang tidak tahu apa itu Japstyle, hal ini adalah modifikasi motor dengan karakteristik gaya macho dan beberapa sentuhan khusus

Bagi Anda yang tidak tahu apa itu Japstyle, hal ini adalah modifikasi motor dengan karakteristik gaya macho dan beberapa sentuhan khusus

LABVIRAL.COM, Bagi Anda yang tidak tahu apa itu Japstyle, hal ini adalah modifikasi motor dengan karakteristik gaya macho dan beberapa sentuhan khusus. Hal yang paling menonjol adalah penggunaan tangki ukuran medium ke kecil dengan lampu bulat di depan serta jog kecil minimalis. Roda yang digunakan besar dan mesin dibiarkan terbuka.

Model modifikasi Japstyle sudah terkenal sejak tahun 2000an di Indonesia. Nama ini style ini adalah singkatan dari Japanese Style yang merupakan sumber inspirasi utamanya. Sejarah Japstyle sendiri terhitung unik karena pembuatan gayanya berasal dari inspirasi negara lain. Jika Anda tertarik mempelajari lebih jauh asal mula perkembangan style ini, mari bahas bersama di sini!

Awal mula muncul japstyle

Perkembangan Japstyle  awalnya dimulai pada tahun 1990an. Pada bengkel khusus modifikasi di Shibuya Jepang, ada trend modifikasi motor Jepang jadul agar tampil seperti motor gaya barat. Model yang menjadi target adalah motor flat tracker, cafe tracker dan scrambler.

Baca Juga: Perbedaan Modifikasi dan Kustomisasi pada Motor, Jangan Tertukar Ya!

Karena menggunakan base motor Jepang, modifikasi ini menghasilkan style yang unik dan tidak sama persis dengan motor barat. Model ini berusaha menggunakan spare parts motor Jepang semaksimal mungkin, tidak ada parts impor dari luar karena harga dan akses yang sulit. Hasilnya, style yang mirip tapi unik muncul sebagai Japstyle. Di negara Jepang, style ini lebih disebut Brat style karena bengkel pertama yang membuatnya bernama Brat.

Perkembangan japstyle di dunia international

Model modifikasi ini tentu saja mulai menyebar keluar Jepang. Dalam sejarah Japstyle, gaya ini bisa masuk ke semua negara yang impor motor besar dari Jepang. Awalnya Korea dan China terkena imbas awal, tapi lama kelamaan hal ini menyebar juga ke negara ASEAN.

Baca Juga: Cara Modifikasi Motor Anti Razia, Mau Tahu?

Baca Juga: Mengenal Istilah Builder, Modifikator dan Customizer dalam Dunia Modifikasi

Sayangnya, penyebaran gaya ini tidak bisa sampai lebih jauh lagi. Memang di Eropa dan Amerika, Anda akan temukan beberapa motor dengan model ini. Tapi kebanyakan pamornya kalah dengan motor Hotrod dan motor besar klasik seperti Harley Davidson.

Japstyle masuk ke Indonesia

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini