5 Tips Mudah Memilih Handphone Bekas yang Berkualitas

Yowan R
Kamis 13 April 2023, 19:09 WIB
Ilustrasi HP bekas (Sumber : olx.co.id)

Ilustrasi HP bekas (Sumber : olx.co.id)

LABVIRAL.COM - Membeli Handphone (HP) atau Smartphone bekas memang seringkali menjadi pilihan kebanyakan orang yang ingin memiliki HP dengan budget yang minim. Karena itu, HP bekas menjadi pilihan karena harganya yang sudah pasti lebih murah dibandingkan dengan HP baru.

HP bekas juga dipilih sebagian orang yang dirasa memerlukan HP dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Sayangnya, tak jarang yang membeli HP bekas malah berakhir tidak menyenangkan, karena HP yang dibelinya ternyata memiliki banyak masalah.

Baca Juga: 4 Tips Membeli HP Second Beserta Situs Penjual HP Second Terpercaya, Supaya Kamu Enggak Rugi

Agar hal tersebut tidak sampai kamu alami jika ingin membeli HP bekas, ada beberapa tips mudah yang harus dilakukan saat membeli HP bekas. Langsung saja, simak beberapa tips dari Labviral.com untuk membeli HP bekas yang berkualitas.

1. Sesuaikan dengan budget dan kebutuhan

Sebelum memutuskan untuk membeli HP bekas, hal pertama yang harus dilakukan adalah menyesuaikan budget dan kebutuhan. Misalnya kamu membutuhkan HP dengan kamera yang cukup bagus, maka kamu bisa memilih HP bekas dengan spesifikasi kamera yang tinggi.

Dengan menyesuaikan fungsi dari HP dan kebutuhan penggunaan, kamu bisa lebih menghemat budget.

2. Periksa kondisi fisik HP

Pemeriksaan fisik HP bekas juga menjadi hal yang penting dilakukan. Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui kelayakan fisik dari sebuah HP dengan pengecekan di beberapa aspek.

Untuk melakukan pemeriksaan kondisi fisik HP bekas, kamu bisa memulainya dari mengecek kondisi layar, body, kamera, speaker, port USB dan charger, tombol power dan volume, panel sidik jari pada belakang layar (jika ada), dan port untuk headset.

Pastikan juga untuk menanyakan kondisi layar, apakah sudah pernah diganti. Kemudian, periksa layar secara terperinci apa terdapat dead pixels yang bisa dilihat dari titik hitam atau putih di layar.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini