Boleh Nggak Sih Pakai Cairan Anti Bocor di Ban Tubeless Sepeda Motor?

Yowan R
Selasa 14 Maret 2023, 10:11 WIB
Ilustrasi efek penggunaan cairan anti bocor untuk ban tubeless (Sumber : facebook.com/Bernoulli)

Ilustrasi efek penggunaan cairan anti bocor untuk ban tubeless (Sumber : facebook.com/Bernoulli)

LABVIRAL.COM - Tak jarang para bikers menggunakan cairan anti bocor untuk ban tubeless motor mereka. Selain harganya yang terjangkau, cairan anti bocor ini cukup mudah didapatkan. Hanya dengan Rp 30 ribuan saja perbotol cairan ini dapat mencegah ban tubeless bocor.

Tapi, penggunaan cairan anti bocor untuk ban tubeless sepeda motor ini aman nggak sih digunakan?

Sebenarnya, penggunaan cairan anti bocor untuk ban tubeless ini belum ada pabrikan motor atau ban yang merekomendasikan.

Baca Juga: Keren, Cairan Ini Dapat Atasi Ban Bocor akibat Ranjau Paku

Untuk kegunaannya sendiri, memang cairan anti bocor ini terbukti efektif menutup lubang yang bocor dengan mudah dan cepat. Hanya saja, cairan anti bocor ini justru dapat merusakan bagian dalam ban tubeless dan velg.

Hal ini disebabkan karena cairan anti bocor ternyata memiliki sifat korosif dan dalam jangka waktu yang panjang cairan tersebut bisa mengeras.

Jadi, jika digunakan terus menerus dalam jangka waktu yang lama, cairan anti bocor ini tidak hanya akan menutup lubang yang bocor saja, melainkan dapat menyumbat pentil ban sehingga tidak bisa diisi angin.

Baca Juga: 4 Fakta Ban MotoGP Pasokan Michelin, Kamu Pasti Belum Tahu!

Cairan anti bocor yang sudah mengeras dan menempel pada velg akan dalam waktu yang lama kan membuat sulit dibersihkan, jika dibiarkan terus menerus efeknya velg menjadi keropos.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini