Isi Freon AC Mobil Ternyata Bisa Dilakukan Sendiri Bosku!

Tim Redaksi Labviral
Jumat 21 April 2023, 12:01 WIB
Isi Freon AC Mobil Ternyata Bisa Dilakukan Sendiri Bosku! (FOTO: Freepik.com)

Isi Freon AC Mobil Ternyata Bisa Dilakukan Sendiri Bosku! (FOTO: Freepik.com)

LABVIRAL.COM - Mengisi freon AC mobil merupakan suatu kebutuhan yang cukup penting. Karena jika abai, akan mengakibatkan AC mobil tidak dingin dan pastinya ini akan membuat tidak nyaman saat berkendara.

Pengisian freon AC ini sebenarnya dapat dilakukan sendiri, asalkan dengan cara yang benar. Berikut ini adalah ulasan Labviral.com mengenai cara mengisi freon AC yang benar yang dapat dilakukan sendiri.

Baca Juga: Filter AC Mobil Bolehkan Dicuci Lalu Dipakai Lagi?

Menyiapkan Alat Pengecek Tekanan Freon

Cara mengisi freon AC yang benar pertama adalah dengan mengecek tekanan freon menggunakan alat yang disebut manifold gauge. Alat ini nantinya akan mendeteksi tinggi rendahnya tekanan pada freon.

Perhatikan dengan baik tinggi rendahnya tekanan tersebut, tekanan tinggi apabila berada di kisaran 160-250 psi dan tekanan rendah di kisaran 15-40 psi. Harga alat ini sendiri biasanya di atas 300 ribu rupiah.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Bengkel Service AC Mobil Terbaik di BSD

Mengosongkan Sisa Freon

Langkah selanjutnya setelah mengetahui tekanan freon adalah mengosongkan freon menggunakan manifold gauge. Caranya dengan menutup katup alat tersebut menggunakan selang sesuai dengan tekanan yang sudah diperiksa sebelumnya.

Selang biru digunakan untuk tekanan rendah dan selang merah untuk tekanan tinggi. Cara mengisi freon AC mobil selanjutnya adalah menunggu beberapa saat hingga freon habis. Tanda bahwa freon sudah habis adalah sudah tidak terdengar bunyi mendesis dan tekanan keduanya menjadi nol.

Baca Juga: Tanda Pasti Freon AC Mobil Kamu Sudah Harus Pensiun

Vakum Sistem AC

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini