5 Cara Cek Kesehatan Laptop dengan Mudah yang Perlu Kamu Tahu

Yowan R
Selasa 25 April 2023, 10:59 WIB
Ilustrasi pemeriksan kesehatan laptop (Sumber : Pixabay.com/Steven Weirather)

Ilustrasi pemeriksan kesehatan laptop (Sumber : Pixabay.com/Steven Weirather)

LABVIRAL.COM - Kesehatan laptop mungkin menjadi salah satu hal yang sering diabaikan para pemiliknya. Sehingga pemeriksaan kesehatan laptop juga jarang dilakukan.

Umumnya, pemeriksaan kesehatan laptop ini dilakukan saat laptop mengalami masalah, itupun tidak dilakukan oleh pemilik laptop. Karena, laptop yang bermasalah langsung dibawa ke tempat service laptop.

Padahal, pemeriksaan kesehatan laptop ini penting dilakukan. Seperti halnya merawat tubuh manusia, laptop perlu mendapatkan perawatan agar tetap sehat, performa laptop tetap stabil.

Baca Juga: 7 Cara Atasi Laptop Lemot, Gak Perlu Ke Tukang Servis

Untuk melakukan pemeriksaan kesehatan laptop ini sebenarnya bisa dilakukan sendiri dirumah, hanya saja membutuhkan beberapa alat sederhana untuk pengerjaannya.

Penasaran bagaimana cara untuk pemeriksaan laptop sendiri? Di bawah ini Labviral.com akan memberikan cara untuk memeriksa kesehatan laptop.

1. Pemeriksaan kesehatan laptop menggunakan aplikasi PC Health

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk memeriksa kesehatan laptop adalah menggunakan aplikasi PC Health Check. Aplikasi ini hanya bisa digunakan pada laptop-laptop yang menggunakan sistem operasi Windows.

Aplikasi PC Health Check ini umumnya akan terinstal secara otomatis melalui pembaruan ke Windows 11. Jika belum ada, kamu bisa mengunduh dan menginstalnya sendiri. Aplikasi PC Health Check ini sebenarnya memiliki tujuan untuk melihat sistem operasi Windows 10 memenuhi syarat atau tidak untuk di perbaharui menjadi Windows 11.

Baca Juga: Ketahui Cara Gampang Melihat Spesifikasi Laptop di Windows 10

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini