Penyebab Stang Motor Goyang dan Cara Memperbaikinya

Tim Redaksi Labviral
Minggu 30 April 2023, 15:09 WIB
Penyebab Stang Motor Goyang dan Cara Memperbaikinya (FOTO: Youtube.com/Pratama Dana)

Penyebab Stang Motor Goyang dan Cara Memperbaikinya (FOTO: Youtube.com/Pratama Dana)

LABVIRAL.COM – Motor yang nyaman dikendarai bukan soal jok yang empuk dan lebar saja, tetapi juga kondisi stang motor harus seimbang dan stabil, apalagi jika sering digunakan pada jalanan yang rusak. Apabila kondisi stang yang digunakan sudah goyang, itu akan membuat kenyamanan berkendara menjadi berkurang.

Tak hanya akan membuat kenyamanan berkurang, stang yang goyang juga akan mempengaruhi kestabilan berkendara. Ada beberapa penyebab stang motor goyang yang wajib kamu ketahui. Dengan mengetahui apa penyebab stang motor goyang, tentu kamu bisa mengambil tindakan untuk memperbaiki stang motor tersebut.

Baca Juga: Tips Cegah Motor Kemalingan dengan Mengunci Stang Motor ke Arah Kanan

Penyebab dan Cara Memperbaiki Stang Motor Goyang

Kondisi Ban

Salah satu penyebab kenapa stang motor goyang adalah kondisi ban yang sudah tidak rata atau gundul. Tak hanya itu, ukuran ban pun mempengaruhi kestabilan motor. Apabila ukurannya terlalu kecil, seperti ban cacing, maka akan menggangu kestabilan stang saat melewati polisi tidur ataupun jalanan berlumbang. Selain itu, pastikan tekanan angginnya sudah pas agar ban tidak kempes. Jika penyebabnya karena ban, kamu harus menggantinya dengan yang baru.

Baca Juga: Mau Ganti Stang Motor dengan Stang Renthal? Kenali dulu Jenis dan Ukurannya

Velg bermasalah

Kestabilan motor pun bisa dilihat dari velg. Apabila velg yang digunakan sudah bengkok, maka secara otomatis akan membuat stang motor goyang saat berkendara. Untuk memeriksanya, kamu hanya perlu memutar roda dan melihat dari pergerakan roda. Jika kamu merasa ada bagian yang goyang, berarti ada bagian velg yang sudah bengkok.

Jalan satu-satunya untuk mengatasi masalah velg adalah dengan menggantinya dengan yang baru. Jangan lupa juga untuk tetap menggunakan velg yang ukurannya sesuai standar motor kamu.

Baca Juga: Mau Ganti Stang Motor dengan Stang Renthal? Kenali dulu Jenis dan Ukurannya

Komstir

Apabila kamu mengecek kondisi ban dan velg masih bagus, maka kemungkinan penyebab stang motor goyang karena adanya masalah pada bagian komstir. Komstir sendiri berfungsi agar motor bisa berbelok ke kanan dan ke kiri sehingga stang bisa bergerak. Cara memperbaiki stang motor goyang tersebut bisa dengan cara mengganti mangkung-mangkuk dan bola-bola besi yang ada di dalam komstir.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
Tech

Tips Handling Stang Motor yang Benar

Selasa 28 Maret 2023, 11:09 WIB
Tips Handling Stang Motor yang Benar
Berita Terkini