Mari Menghitung Berapa Umur Aki Mobil dan Umur Pemakaian Normalnya

Tim Redaksi Labviral
Minggu 30 April 2023, 19:18 WIB
Mari Menghitung Berapa Umur Aki Mobil dan Umur Pemakaian Normalnya (FOTO: Instagram.com/golden.battery)

Mari Menghitung Berapa Umur Aki Mobil dan Umur Pemakaian Normalnya (FOTO: Instagram.com/golden.battery)

LABVIRAL.COM – Setiap komponen mobil pasti memiliki masa pakai, meskipun ada yang jangka waktunya lama, ada juga yang harus selalu diganti. Hal itu juga berlaku pada aki. Umur aki mobil biasanya dipengaruhi oleh berbagai kondisi.

Biasanya, aki mobil bisa memiliki usia yang panjang, namun tak menutup kemungkinan ada juga aki mobil yang berusia singkat. Umumnya, umur aki kering ataupun basah adalah 2 sampai 5 tahun. Jika dipakai secara normal menuju tidak peduli, aki mobil akan bertahan 1 sampai 3 tahun saja. Hal tersebut terjadi karena pemilik kendaraan sering lupa untuk mengganti aki mobil.

Baca Juga: Ciri Aki Mobilmu Sudah Soak

Aki mobil yang berusia pendek pun ada penyebabnya.

Salah satu penyebabnya adalah faktor cuaca. Keadaan panas akan membuat cairan aki mobil lebih mudah menguap dan air aki mobil lebih cepat habis. Penyebab lainnya adalah apabila mobil jarang digunakan, dan jarang dipanaskan, sehingga daya aki mobil jarang terisi.

Untuk itu, perlu kamu ketahui bagaimana cara menghitung umur aki mobil, berikut Labviral.com rangkumkan:

Beri tanggal

Saat kamu melakukan penggantian aki mobil, sebaiknya mengecek dan mencatat tanggal produksi aki mobil tersebut sebelum membeli dan memasangnya. Hal itu berguna untuk memudahkan mengecek usia aki mobil kesayanganmu.

Baca Juga: Yuk Cek Kondisi Aki Mobil Masih Layak atau Sudah Soak dengan 3 Tips Mudah

Usahakan beban listrik pada mesin sesuai

Demi rasa sayangmu terhadap mobil, jangan terlalu berlebihan dalam memasang aksesori. Karena pemasangan aksesori yang berlebihan dapat menambah beban listrik pada mesin mobil. Hal itulah yang akan berdampak pada pendeknya usia aki mobil kamu.

Perhatikan perawatan aki

Sebagai pemilik mobil yang cinta akan mobilnya, sebaiknya ikut menjaga performa aki mobil dengan cara memperhatikan kondisi aki mobil. Jika kamu menggunakan aki basah, maka harus memperhatikan kondisi air akinya. Jika jumlah air pada aki basah dibiarkan berkurang secara terus menerus, maka akan kering akan mengakibatkan kerusakan yang bisa merambat ke komponen lainnya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
Tech

Ciri Aki Mobilmu Sudah Soak

Rabu 29 Maret 2023, 00:22 WIB
Ciri Aki Mobilmu Sudah Soak
Berita Terkini