Yuk Cek Kondisi Aki Mobil Masih Layak atau Sudah Soak dengan 3 Tips Mudah

Bonifasius Sedu Beribe
Selasa 28 Maret 2023, 02:29 WIB
Aki menjadi komponen kendaraan mobil paling krusial dalam sistem kelistrikan.

Aki menjadi komponen kendaraan mobil paling krusial dalam sistem kelistrikan.

LABVIRAL.COM, Aki menjadi komponen kendaraan mobil paling krusial dalam sistem kelistrikan. Apabila aki soak, kendaraan tidak bisa dihidupkan.

Biasanya pemilik kendaraan kesusahan dalam menentukan apakah aki mobilnya masih layak atau sudah soak alias minta ganti.

Ini karena pemilik mobil kandang malas mengecek secara rutin kondisi akinya. Bagi kamu yang ingin tahu kondisi aki mobilmu masih layak atau tidak, berikut ini, dikutip Labviral.com, dari Auto2000 tips mudah pengecekan kondisi aki:

Baca Juga: Berapa Biaya Perawatan Kaki-kaki Mobil? Ini Gambarannya

1. Lihat Indikator Elektrolit

Indikator elektrolit bisa dilihat pada bagian kap mobil depan. Tidak perlu membongkar bagian apa pun. Langsung saja perhatikan bagian atas dari aki mobil, seharusnya akan melihat indikator tersebut. 

Apabila melihat indikator berwarna biru maka aki masih dalam keadaan baik. Tetapi jika warna indikator merah atau putih maka tandanya aki sudah tidak bagus. 

Baca Juga: Penting Banget, Begini Cara Mengetahui Berapa Ampere Aki Mobil dari Kode

2. Perhatikan Lampu Indikator

Selanjutnya terdapat lampu indikator di dalam kabin mobil, khususnya di bagian dashboard area kemudi. Indikator lampu seharusnya menyala ketika memasukkan kunci mobil dan memutarnya. 

Tanpa harus terlebih dahulu distarter, seharusnya semua lampu indikator di area dashboard menyala. Tetapi jika menemukan lampu indikator aki tidak menyala maka ini adalah sinyal bahwa ada sesuatu yang tidak beres. 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini