Agar Aki Mobil Awet dan Gak Mudah Tekor, Simak Tips Merawatnya

Tim Redaksi Labviral
Minggu 30 April 2023, 21:31 WIB
Agar Aki Mobil Awet dan Gak Mudah Tekor, Simak Tips Merawatnya (FOTO: Nissan.co.id)

Agar Aki Mobil Awet dan Gak Mudah Tekor, Simak Tips Merawatnya (FOTO: Nissan.co.id)

LABVIRAL.COM – Aki mobil adalah salah satu komponen terpenting yang ada di dalam mobil, bak kekasih hati. Fungsi aki mobil pun tak main-main, yakni menyuplai daya listrik untuk komponen-komponen mobil lainnya agar bisa menyalakan mesin hingga menghidupkan lampu.

Maka dari itu, kesehatan aki mobil merupakan hal yang harus dijaga oleh pemilik kendaraan.

Saat aki mobil tak berfungsi sebagaimana mestinya, maka kenyamanan pengendara dan penumpang mobil pun menjadi terganggu. Hal itu biasanya disebabkan oleh aki mobil yang digunakan secara terus menerus, tapi ada juga karena cara merawat akinya yang salah. Jika terlalu sering menggunakan mobil, pastikan untuk selalu mengecek bagian yang satu ini.

Baca Juga: Mari Menghitung Berapa Umur Aki Mobil dan Umur Pemakaian Normalnya

Berikut Labviral.com rangkumkan cara mewarat aki mobil agar tidak cepat tekor, untuk kamu:

Periksa jenis aki

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah kenali dulu jenis aki mobil kesayangan kamu. Apakah aki mobil yang kamu miliki adalah tipe aki basah atau tipe aki kering (maintenance free). Biasanya, tipe aki basah bisa kamu lihat pada batas atas dan bawah cairan elektrolitnya. Kalau tipe aki kering, kamu bisa melihat dari indikator warna kemampuan aki.

Kalau warna biru berarti menandakan aki masih dalam kondisi prima. Apabila terlihat warna putih, maka aki mobil butuh tambah setrum, sedangkan warna merah sudah disarankan untuk ganti aki mobil.

Baca Juga: Ciri Aki Mobilmu Sudah Soak

Perhatikan terminal aki

Setelah mengetahui jenis aki mobil, kamu perlu memeriksa terminal aki atau kondisi luar baterai. Jika terlihat ada kotoran berwarna putih seperti kerak, maka harus segera dibersihkan. Caranya, lepas semua konektor aki mobil, kemudian siram kerak putih dengan air hangat.

Nyalakan mesin

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
Tech

Ciri Aki Mobilmu Sudah Soak

Rabu 29 Maret 2023, 00:22 WIB
Ciri Aki Mobilmu Sudah Soak
Berita Terkini