Yuk Mari Ketahui Cara Kerja Sistem Starter Mobil Hingga Menyala

Tim Redaksi Labviral
Minggu 30 April 2023, 21:35 WIB
Yuk Mari Ketahui Cara Kerja Sistem Starter Mobil Hingga Menyala (FOTO: Auto2000)

Yuk Mari Ketahui Cara Kerja Sistem Starter Mobil Hingga Menyala (FOTO: Auto2000)

LABVIRAL.COM – Saat akan menjalankan mobil, pengemudi harus menyalakan mesin dahulu. Proses dari mobil posisi off hingga mesin menyala melalui sebuah tahapan yang unik. Berikut ini langkah kerja sistem starter mulai dari mobil dalam keadaan mati hingga hidup.

Baca Juga: Starter Mobilmu Mati? Selain Aki, Periksa Juga Motor Starternya

1. Posisi Mobil OFF

Rangkaian kelistrikan mobil terputus di bagian relay apabila berada dalam kondisi OFF atau mati. Jalur kelistrikan aki masuk lewat terminal relay 85 dan keluar pada output 86. Setelah keluar, arus listriknya terhenti sehingga tidak relay terminal 30 dan 87 tidak tersambung. Alhasil, arus listrik dari aki tidak akan mencapai motor starter, jadi mesin mobil tidak menyala.

2. Posisi Kunci Kontak di “Starter” 

Pada tahap ini, saklar akan menghubungkan arus listrik sampai ke masa dan menciptakan aliran listrik dari aki. Aliran listrik tersebut masuk ke terminal 85, kemudian melewati coil dalam relay, dan keluar dari terminal 86. Aliran listrik yang keluar kemudian menuju saklar dan mencapai bagian negatif aki.

Coil dalam relay menghasilkan gaya magnet apabila dilewati aliran listrik. Gaya magnet berguna untuk menarik plat logam di atas coil, sehingga menghubungkan terminal relay 30 dan 87. Sebelum masuk ke terminal 30, aliran listrik masuk ke fuse terlebih dulu. 

Setelah keluar dari relay 87, listrik mengalir ke starter clutch dan menjangkau motor starter. Motor starter yang dialiri listrik akan berputar sehingga mesin mobil berhasil hidup.

Baca Juga: Tombol Starter Motor Juga Butuh Dirawat Biar Gak Capek Starter Kaki

3. Posisi Kunci Kontak ON

Posisi kunci ini menandakan bahwa mobil siap dikendarai dan mesinnya sudah menyala. Otomatis, tekanan pada tombol starter pun terlepas. Arus listrik di terminal 50 pada starter switch pun menghilang karena putusnya relay starter

Baca Juga: Cara Panaskan Mobil yang Benar, Jangan Asal Starter!

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini