5 Cara Mudah Mempercepat Koneksi Internet di HP Android, Nggak Pakai Install Aplikasi Lho!

Yowan R
Senin 01 Mei 2023, 19:36 WIB
Ilustrasi penggunaan HP dengan jaringan internet yang lambat (Sumber : pinterest.com)

Ilustrasi penggunaan HP dengan jaringan internet yang lambat (Sumber : pinterest.com)

LABVIRAL.COM - Internet yang tiba-tiba melambat di handphone (HP) Android tentunya membuat para penggunanya kesal karena menghambat aktivitas browsing. Apalagi saat itu kamu membutuhkan koneksi internet yang cepat.

Saat ini, hampir semua aplikasi di HP Android, membutuhkan koneksi internet untuk menjalankannya. Mulai dari aplikasi sosial media, game, mobile banking, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 5 Cara Termudah Melihat Kecepatan Jaringan Internet di HP dan Laptop

Untuk itu, saat koneksi internet HP tiba-tiba melambat tentunya akan sangat mengganggu. Tapi tenang, karena untuk mengatasi hal tersebut, ternyata ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti di bawah ini:

1. Reset pengaturan jaringan

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi koneksi internet yang lambat adalah melakukan reset jaringan, seperti dikutip dari Business Insider. Untuk melakukan reset pengaturan jaringan di HP Android dilakukan dengan cara yang berbeda tergantung dari UI dari HP Android yang digunakan.

2. Hapus aplikasi dan widget yang sudah tidak digunakan

Cara selanjutnya untuk mengatasi koneksi internet di HP Android yang tiba-tiba lambat adalah menghapus atau menghentikan (disable) aplikasi dan widget yang sudah tidak digunakan.

Aplikasi dan widget yang menumpuk dan tidak terpakai akan mempengaruhi koneksi internet di HP Android. Karena, beberapa aplikasi di belakang layar tetap memakan koneksi internet meskipun tidak digunakan.

Baca Juga: Wifi di Rumah Anda Lemot? Ini Tips Meningkatkan Kecepatan Wifi

3. Matikan Hotspot atau tethering

Selain kedua cara di atas, kamu juga bisa mengatasi koneksi internet yang lambat di HP Android dengan cara mematikan koneksi hotspot atau tethering. Sebab, mengaktifkan  hotspot atau tethering ini menyebabkan kecepatan internet menurun.

4. Mematikan pembaruan aplikasi otomatis

Pembaruan aplikasi otomatis yang aktif pada HP Android juga mengakibatkan kecepatan internet menjadi lambat. Terlebih jika aplikasi yang meminta untuk update otomatis cukup banyak.

Karena itu, agar kecepatan koneksi internet kembali stabil dan cepat sebaiknya matikan pembaruan aplikasi otomatis. Jika ingin mengupdate aplikasi, kamu bisa melakukannya dengan cara manual.

Baca Juga: 7 Aplikasi Smartphone yang Bikin Kuota Internet Boros, Sudah Tahu Belum?

5. Bersihkan cache

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk menangani koneksi internet HP Android yang tiba-tiba lambat adalah menghapus chace. Cache pada HP Android, nyatanya tidak hanya memenuhi storage atau penyimpanan HP saja, tetapi menyebabkan koneksi internet jadi lambat.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini