Cara Mengganti Sendiri Bohlam Mobil, Gak Perlu ke Bengkel

Tim Redaksi Labviral
Rabu 03 Mei 2023, 13:25 WIB
Cara Mengganti Sendiri Bohlam Mobil, Gak Perlu ke Bengkel (FOTO: INSTAGRAM/headlamp.lampu.custom)

Cara Mengganti Sendiri Bohlam Mobil, Gak Perlu ke Bengkel (FOTO: INSTAGRAM/headlamp.lampu.custom)

LABVIRAL.COM – Mempunyai mobil semewah apapun tidak berarti apa-apa jika lampu depan mobil kamu rusak. Kerusakan yang terjadi pada lampu depan akan membuat mobilmu tak lagi istimewa. Seiring perkembangan teknologi, kini seperti yang kita tahu, lampu mobil juga ikut mengalami evolusi.

Jika mobil dahulu menggunakan lampu halogen, kini sudah berubah menjadi lampu LED (Light Emitting Diodes) dan HID (High Intensity Dischrage). Karena lampu merupakan komponen yang cukup penting, sebaiknya kamu mengetahui bagaimana caranya memasang bohlam sendiri untuk mobil kesayanganmu. Hal itu juga berguna untuk kamu yang tidak suka membuang-buang waktu.

Jika kamu bisa memperbaikinya sendiri, kenapa harus ke bengkel? Namun, agar tidak salah, kamu perlu perhatikan cara yang baik dan benar agar tidak terjadi kerusakan pada lampu yang akan dipasang. Simak petunjuk Labviral.com berikut ini.

Baca Juga: Silau Lampu Mobil Lawan Arah Bisa Bahayakan Nyawa, Tetap Hati-hati Ya!

Sesuaikan daya listrik

Pertama-tama, kamu harus menyesuaikan dayanya. Hal ini penting untuk menjaga kondisi headlamp atau lampu depan terjaga dengan baik. Apalagi jika headlamp-nya menggunakan material plastic. Daya lampu yang cukup besar, lambat laun akan membuat suhu pada headlamp menjadi meningkat dan panas.

Baca Juga: Mau Modif Lampu Mobil? Pikir Baik-baik Dulu!

Pilih warna yang tepat

Kamu juga bisa mengganti bohlam lampu dari segi warna. Seperti yang kita ketahui, warna pada bohlam ada beberapa pilihan, yang bisa dipertimbangkan. Mulai dari bohlam berwarna kuning, putih, hingga putih kebiruan. Untuk membedakannya, kamu bisa melihat spesifikasi derajat Kelvin di dalam kemasannya.

Dari derajat Kelvin yang dimiliki itu, kamu bisa menentukan akan menggunakan bohlam warna apa. Warna putih kebiruan akan bagus jika pada malam hari. Namun jika kondisi hujan, itu akan menggangu pengendara lain. Namun, untuk bohlam warna kuning atau normal, memang terlihat kurang terang, kelebihannya adalah bisa menembus hujan dan kabut.

Baca Juga: Penyebab Lampu Mobil Berembun, Gampang Dikinclongin Lagi Kok!

Sil karet harus tertutup

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini