Jika Telat Ganti Oli Gardan, Hampir Pasti Bearing Bakal Rusak

Tim Redaksi Labviral
Rabu 03 Mei 2023, 21:37 WIB
Jika Telat Ganti Oli Gardan, Hampir Pasti Bearing Bakal Rusak (FOTO: Instagram.com/jaya_servis_2532)

Jika Telat Ganti Oli Gardan, Hampir Pasti Bearing Bakal Rusak (FOTO: Instagram.com/jaya_servis_2532)

LABVIRAL.COM – Mesin motormu mengeluarkan suara tarikan yang kasar? Salah satu faktor yang membuat suara tarikan mesin menjadi kasar ialah kamu belum mengganti oli transmisi, atau yang biasa disebut oli gardan pada motormu.

Jadi, bukan hanya oli mesin saja yang harus diganti rutin, tapi oli gardan pun juga harus diganti secara berkala. Rekomendasi kamu untuk mengganti oli gardan pada motor matic kesayanganmu ialah setiap 4.000 hingga 8.000 km sekali.

Selain motormu memiliki suara tarikan mesin yang kasar, jika kamu tak mengganti oli gardanmu secara berkala, juga dapat memberikan efek buruk lainnya pada motor kesayanganmu. Berikut ini Labviral.com sudah rangkumkan untukmu.

Baca Juga: Sebelum Mudik Jangan Lupa Ganti Oli Gardan Motor Matic, Agar Aman Terkendali

Suara tarikan mesin kasar

Seperti yang sudah disampaikan di atas, suara tarikan mesin yang kasar ini merupakan efek yang paling umum terjadi jika kamu tidak melakukan pergantian oli gardan secara berkala. Hal ini merupakan tanda bahwa adanya kerusakan pada sistem transmisi yang diakibatkan oleh kekentalan oli gardan yang menurun.

Oli gardan yang awalnya memiliki konsistensi kental, seiring berjalannya waktu akan berkurang kosistensinya. Jika sudah seperti ini, maka kemampuan oli gardan untuk melumasi transmisi pun juga akan menurun.

Jika dibiarkan terus menerus, transmisi pun akan terkikis dan kamu pun akan mengalami kerusakan yang lebih parah pada motor kesayanganmu.

Baca Juga: Oli Gardan Skutik Honda Merembes, Penyebabnya Ternyata Sepele!

Motor terasa bergetar

Masalah yang timbul selanjutnya jika kamu tidak mengganti oli gardan secara berkala ialah bodi dan stang motor akan terasa bergetar ketika berkendara. Hal ini menunjukkan bahwa tipbang gardan yang berfungsi untuk menahan beban motor sudah tidak bekerja dengan baik karena oli gardan tidak bisa melumasinya secara sempurna.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
Tech

5 Tanda Oli Gardan Harus Segera Diganti

Senin 27 Maret 2023, 16:38 WIB
5 Tanda Oli Gardan Harus Segera Diganti
Berita Terkini