Intip Spesifikasi dan Harga Mobil RI 1 Jokowi yang Tersangkut di Jalan Rusak Lampung

Sunardi
Sabtu 06 Mei 2023, 11:43 WIB
Mobil RI 1 Presiden Jokowi melintas jalan rusak di Lampung (Sumber : Twitter/erickthohir)

Mobil RI 1 Presiden Jokowi melintas jalan rusak di Lampung (Sumber : Twitter/erickthohir)

LABVIRAL.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan ke Provinsi Lampung. Dalam kunjungannya itu, salah satu yang disorot oleh banyak pihak adalah ketika mobil RI 1 tersangkut di jalan rusak di Lampung.

Video kunjungan yang dilakukan pada Jumat (5/5/2023) itu memperlihatkan mobil RI 1 tersangkut saat melintasi jalan menuju Kota Baru, Lampung.

Mobil jenis sedan Mercy seharga Rp7,1 miliar itu tiba-tiba berhenti di tengah jalan. Seperti terlihat dalam beberapa video yang beredar di media sosial, mobil yang ditumpangi oleh Jokowi itu berhenti di depan jalanan yang rusak dan beberapa digenangi air.

Lantas, seperti apa spesifikasi mobil RI 1 Jokowi yang dipakai melibas jalan rusak di Lampung  tersebut? 

Baca Juga: Jokowi Tidak Merestui Putranya Gibran Rakabuming Raka Jadi Cawapres Prabowo Subianto

Baca Juga: Jokowi Kucurkan Anggaran 800 Miliar, Perbaikan Jalan Provinsi dan Kabupaten Masih Dipegang Pemda Lampung


Merek Mobil RI 1

Diketahui bahwa mobil yang digunakan untuk RI 1 itu menggunakan Mercedes-Benz S600 Guard. Mobil yang memiliki pelat RI 1 itu merupakan kendaraan pengganti Mercedes-Benz S600 Pullman Guard yang sebelumnya digunakan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Pengadaan mobil merek Mercedes-Benz S600 Guard itu terdapat dua unit sesuai anggaran yang tersedia. Pemilihan jenis mobil itu tentu berdasarkan pertimbangan teknis. Mulai dari keamanan, keandalan, dan efisiensi biaya pemeliharaan.


Spesifikasi mobil RI 1

Mobil yang ditumpangi oleh Jokowi saat berkunjung ke Lampung itu merupakan jenis mobil yang memiliki sertifikat perlindungan VR10. Adanya sertifikat perlindungan tersebut sudah menunjukkan bahwa mobil terseut memiliki perlindungan untuk kendaraan non militer.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini