Moda Transportasi yang Banyak Digunakan Pemudik 2023

Yusuf Tirtayasa
Sabtu 06 Mei 2023, 23:43 WIB
Ilustrasi transportasi kereta api. (Sumber : Pixabay.com/Thomas)

Ilustrasi transportasi kereta api. (Sumber : Pixabay.com/Thomas)

LABVIRAL.COM - Perayaan Hari Raya Idul Fitri menjadi momentum bagi banyak orang untuk berkumpul bersama keluarga di kampung halaman.

Banyak orang yang memilih untuk mudik menggunakan moda transportasi yang beragam, seperti pesawat, kereta api, bus, maupun kendaraan pribadi.  

Namun, jenis moda transportasi apa yang paling banyak digunakan oleh pemudik? Rupanya, transportasi moda darat di mana penggunaan kendaraan pribadi masih mendominasi.

Dilansir Buku Mudik Aman Berkesan 2023 yang diterbitkan pemerintah, pemilihan moda transportasi didominasi moda darat yaitu 27,32 juta pemudik menggunakan mobil pribadi. Sebanyak 25,13 juta pemudik menggunakan sepeda motor, dan 9,53 juta orang memilih menyewa mobil.

Baca Juga: Kumpulan Cerita, Pemudik yang Tertinggal dari Keluarganya saat Perjalanan Mudik Lebaran

Angkutan bus menempati urutan teratas sektor trasnportasi publik yang banyak digunakan 22,77 juta pemudik. Menyusul kemudian adalah kereta api yang digunakan 14,47 juta sebagai pilihan utama kendaraan untuk mudik.

Sebanyak 6,19 juta orang menggunakan pesawat terbang, 6,67 juta menggunakan angkutan penyebrangan, dan 1,66 juta memakai angkutan laut.

Secara keseluruhan, masyarakat yang memilih transportasi umum mencapai 41,81% dari total pemudik, atau sejumlah 51,76 juta penduduk.

Secara umum, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan telah memastikan sarana dan prasarana transportasi memenuhi kebutuhan sesuai prediksi jumlah pemudik.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini