Tindakan Darurat Saat Rem Blong, Lakukan Segera Sebelum Fatal

Tim Redaksi Labviral
Rabu 10 Mei 2023, 00:11 WIB
Tindakan Darurat Saat Rem Blong, Lakukan Segera Sebelum Fatal (FOTO: Suzuki.co.id)

Tindakan Darurat Saat Rem Blong, Lakukan Segera Sebelum Fatal (FOTO: Suzuki.co.id)

LABVIRAL - Kecelakaan mengerikan di Kalimantan Timur yang menyebabkan banyak korban jiwa mengingatkan kita betapa bahayanya jika kendaraan khususnya kendaraan besar jika mengalami rem blong.

Jalanan yang menurun bisa menjadi masalah karena pengemudi harus sering menginjak pedal rem. Hal tersebut membuat komponen pengereman menjadi panas dan bisa membuat rem menjadi kehilangan fungsinya.

Nah, bila kamu mengalami rem blong mendadak saat mengemudi, ada baiknya lakukan tujuh langkah yang dilansir dari situs resmi Suzuki berikut ini.

Baca Juga: Tahukah Kamu, Jalan Tol Punya Jalur Pendaratan Darurat Mobil Rem Blong?

1. Terus Memompa Rem

Jika tahu bahwa remnya mendadak blong, langkah yang bisa diambil adalah terus memompanya. Kamu harus terus memompa rem agar tekanannya bisa kembali seperti sedia kala. Jika kendaraan mendadak beralih ke anti locking braking atau ABS, terus pompa saja.

Lama kelamaan, tekanan pada rem akan kembali seperti semula. Namun, jika saat dipompa rem terasa kasar ataupun berat, mungkin di bagian pedalnya ada sesuatu. Periksa bagian rem untuk mengetahui benda apa yang mengganjal di bagian pedalnya.

Mintalah pengendara lain untuk memeriksa bagian pedal tersebut. Anda bisa sedikit mengurangi laju mobil agar bisa memeriksa bagian pedalnya supaya rem dapat berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Rem Blong pada Mobil, 6 Kunci Penting Ini Bisa Atasi Keadaan

2. Menurunkan Gigi Transmisi

Cara pertama di atas adalah yang paling mudah untuk mengatasi rem blong. Namun jika cara pertama tidak berhasil maka silahkan turunkan bagian gigi transmisinya. Manfaatkanlah efek dari engine brake untuk menurunkan bagian gigi transmisi di pedal mobil.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
Tech

Servis Rem Mobil, Sebaiknya Kapan Ya?

Minggu 23 April 2023, 17:00 WIB
Servis Rem Mobil, Sebaiknya Kapan Ya?
Berita Terkini