5 Rekomendasi Busi Mobil Terbaik dan Tahan Lama, Jangan Bingung Lagi Beli Busi

Tim Redaksi Labviral
Rabu 10 Mei 2023, 13:25 WIB
5 Rekomendasi Busi Mobil Terbaik dan Tahan Lama, Jangan Bingung Lagi Beli Busi (FOTO: Unsplash.com/@jamie452)

5 Rekomendasi Busi Mobil Terbaik dan Tahan Lama, Jangan Bingung Lagi Beli Busi (FOTO: Unsplash.com/@jamie452)

LABVIRAL.COM - Jika kamu sedang berlibur atau perjalanan ke kantor, lalu tiba-tiba mobilmu mogok, pasti jengkel banget kan? Mobil mogok memang bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya ialah karena busi.

Mungkin masih banyak orang yang menyepelekan pentingnya merawat busi pada kendaraannya ini, termasuk kamu.

Padahal jika busi tidak sering dicek, maka akan menyebabkan pembakaran yang terhambat dan dapat menyebabkan kendaraanmu mogok di jalan, karena pengapian untuk mesin mobil menjadi tersendat.

Jika mobilmu mogok di jalan karena masalah busi, berikut ini tips agar busi dapat berfungsi dengan baik. Simak tips dari Labviral.com.

Baca Juga: Busi Mobil Sering Mati Apa Penyebabnya?

Cek kerak busi

Langkah pertama ialah dengan melakukan pengecekan kerak pada busi mobilmu. Kamu dapat mengetahui kondisi busi dengan membongkar dan melihat kerak (carbon fouling) yang menempel pada permukaan busi.

Dengan melakukan pengecekan kerak ini, kamu akan mengetahui kondisi busi mobilmu, yakni dengan melihat warna dan ketebalan kerak yang menempel pada permukaan busi.

Jika yang kamu temui adalah tumpukan kerak hitam pada kepala busi mobilmu, hampir pasti disanalah titik masalahnya. Pasalnya, tumpukan kerak hitam tersebut akan membuat daya tahan isolasi busi menjadi rendah, sehingga tegangan listrik dari koil pun ikut rendah.

Selain itu, tumpukan kerak hitam ini juga berpengaruh terhadap percikan api yang dihasilkan. Ketika kamu sudah menemukan masalah tersebut, maka kamu harus segera membersihkannya dengan menggunakan cairan khusus agar kotoran dan kerak yang menempel bisa hilang.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini