Caranya Mudah Jika Mau Telusuri Penyebab AC Mobil Mati Mendadak

Tim Redaksi Labviral
Rabu 10 Mei 2023, 13:48 WIB
Caranya Mudah Jika Mau Telusuri Penyebab AC Mobil Mati Mendadak (FOTO: OLX)

Caranya Mudah Jika Mau Telusuri Penyebab AC Mobil Mati Mendadak (FOTO: OLX)

LABVIRAL.COM - Bagaimana rasanya jika kamu sedang berada di tengah kemacetan dengan cuaca terik, lalu tiba-tiba ac mobilmu mengalami masalah dan mati mendadak, pasti jengkel bukan?

Jika kamu benar-benar dalam kondisi tersebut, kamu perlu membaca rangkuman dari Labviral.com ini soal penyebab ac mobil mati mendadak.

Simak rangkumannya di bawah ini, agar kamu bisa tahu penyebabnya.

Baca Juga: Isi Freon AC Mobil Ternyata Bisa Dilakukan Sendiri Bosku!

Kehabisan Freon

Penyebab pertama ialah sistem AC mobilmu kehabisan freon. Jika hal ini terjadi, berarti ada kebocoran pada AC mobilmu. Sehingga secara otomatis, low pressure switch akan bekerja dan memutus arus listrik yang menuju magnetic clutch dan kompresor pun berhenti berputar.

Baca Juga: Filter AC Mobil Bolehkan Dicuci Lalu Dipakai Lagi?

Putusnya drive belt

Sebagai penyalur putaran mesin dengan putaran kompresis AC, putusnya drive belt ini akan membuat AC mobil tidak akan bekerja dengan semestinya, sehingga menyebabkan AC menjadi mati ataupun tidak dingin.

Evaporator tersumbat atau kotor

Untuk menghembuskan angin ke arah evaporator, maka AC mobil memerlukan blower. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, maka akan banyak angin yang dihembuskan ke blower. Jika banyak angin dihembuskan ke blower, maka akan banyak juga debu ataupun kotoran yang ikut terhembuskan, sehingga evaporator AC penuh dengan debu.

Jika sudah terjadi seperti ini, maka akan berakibat pada berkurang dinginnya AC. Hal ini disebabkan oleh hembusan angin menjadi lebih sedikit.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini