5 Aplikasi Password Generator Gratis untuk Windows yang Wajib Pengguna Coba!

Yowan R
Kamis 11 Mei 2023, 14:20 WIB
Ilustrasi kumpulan karakter password (Sumber : istockphoto)

Ilustrasi kumpulan karakter password (Sumber : istockphoto)

LABVIRAL.COM - Kata sandi atau password merupakan sekumpulan karakter atau string yang digunakan untuk memverifikasi identitas dari pengguna sebuah jaringan atau sistem operasi agar tidak dapat diakses oleh pengguna lain. Kata sandi atau password juga bisa diartikan sebagai kata rahasia yang digunakan untuk pengenal.

Password yang baik tentunya akan membantu untuk memastikan segala informasi pribadi penggunanya terjaga dengan baik. Bahkan saat ini banyak sekali hal yang terkait dengan dunia teknologi membutuhkan kata sandi untuk mengaksesnya.

Baca Juga: Yuk Pahami Cara Masuk Akun Google Tanpa Password, Fitur Baru Gmail

Karena hal tersebut, banyak pengguna yang akhirnya membuat satu kata sandi yang sama untuk digunakan semua akun. Atau bisa juga menggunakan kata sandi dengan karakter sederhana agar lebih mudah diingat. Padahal penggunaan satu kata sandi untuk semua akun dan kombinasi karakter sederhana membuatnya lebih mudah diretas atau dibobol.

Semakin banyak jumlah karakter dan semakin acak kombinasi karakter yang digunakan untuk kata sandi, maka semakin sulit juga untuk diretas atau dibobol oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Namun, kata sandi yang rumit ini justru menjadi sulit diingat penggunanya.

Tetapi, saat ini hal tersebut bisa teratasi dengan adanya Aplikasi password generator yang memungkinkan penggunanya untuk membuat dan mengatur password dengan lebih mudah.

Dengan aplikasi tersebut, pengguna juga bisa berhenti menerapkan satu password yang sama untuk semua akun atau menggunakan password yang tidak aman alias mudah dibobol.

Baca Juga: Bagaimana Cara Melihat Password Wifi di Laptop dengan Mudah?

Aplikasi password generator ini tersedia untuk perangkat desktop juga khususnya perangkat desktop yang menggunakan sistem operasi Windows. Berikut 5 aplikasi password generator Windows gratis yang bisa pengguna gunakan.

1. Password Tech

Aplikasi password generator windows gratis yang pertama adalah Password Tech yang sebelumnya disebut PWGen. Password Tech sendiri merupakan password generator Windows sumber terbuka gratis untuk menghasilkan kata sandi dan frasa sandi.

Pengguna dapat menyesuaikan aplikasi untuk membuat kata sandi dengan karakter, frasa sandi, dan memformat kata sandi. Selain itu, pengguna Password Tech juga bisa menentukan panjang kata sandi, membuat beberapa kata sandi secara bersamaan, dan menyimpannya ke dalam sebuah file.

Kata sandi yang dibuat menggunakan Password Tech akan disimpan dalam database terenkripsi AES-256 atau ChaCha 2.0 yang juga mendukung pengisian kata sandi secara otomatis ke aplikasi lain.

Baca Juga: Apa yang Terjadi Jika Hapus Program Files di Windows? Siap-siap Hadapi Kejadian Buruk

2. IObit Random Password Generator

IObit merupakan salah satu developer yang dikenal banyak membuat aplikasi optimalisasi untuk Windows. IObit juga memiliki aplikasi password generator bernama IObit Random Password Generator.

Aplikasi gratis IObit Random Password Generator memungkinkan penggunanya untuk membuat password, termasuk mengatur panjang password mulai dari enam hingga 64 karakter. Selain itu, pengguna juga bisa memilih apakah password yang ingin dibuat mengandung huruf besar atau kecil, angka dan simbol atau tidak.

3. Wi-Fi Password Key Generator

Sama halnya dengan dua aplikasi password generator diatas, Wi-Fi Password Key Generator juga berguna untuk membuat dan mengatur kata sandi di perangkat Windows.

Pengguna Wi-Fi Password Key Generator dapat membuat kata sandi aman yang berkisar antara tujuh hingga 100 karakter. Pengguna juga bisa menandai kumpulan karakter khusus untuk membuat kata sandi dengan kumpulan karakter sendiri.

4. Power Crypton

Power Crypton juga merupakan salah satu aplikasi password generator gratis untuk Windows yang mampu membantu penggunanya membuat kata sandi dengan sangat cepat.

Baca Juga: Wajib Dicoba! 8 Fitur Windows 11 2022 yang Mempermudah Prodiktivitas

Penggunanya dapat menyesuaikan kata sandi dan menentukan huruf atau karakter mana yang harus menjadi bagian dari kata sandi. Pendek kata, alat ini dapat menghasilkan kata sandi yang kuat dengan sangat cepat. Pengguna bahkan dapat menghasilkan lebih dari 10.000 kata sandi dalam waktu kurang dari 1 detik.

5. Gaijin Password Generator

Gaijin Password Generator merupakan aplikasi password generator yang dapat menghasilkan kata sandi yang mudah disesuaikan. Pengguna bisa menyesuaikan karakter apa saja yang harus ditambahkan atau dihilangkan dan membuat template untuk penggunaan yang berbeda.

Nah itulah tadi 5 aplikasi password generator Windows yang bisa kamu dapatkan secara gratis. Semua aplikasi password generator tersebut tentunya sangat bisa diandalkan untuk membuat kata sandi di segala akaun baik itu akun email, bank, dan media sosial.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini