Yuk Mengenal KUR dan Tujuannya!

Dian Eko Prasetio
Rabu 15 Maret 2023, 16:04 WIB
Ilustrasi - Kredit Usaha Rakyat (KUR) (Sumber : Istimewa)

Ilustrasi - Kredit Usaha Rakyat (KUR) (Sumber : Istimewa)

LABVIRAL.COM - Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk memajukan perekonomian dengan memberikan bantuan modal bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam bentuk pinjaman atau kredit.

Program ini disalurkan atau diberikan melalui lembaga perbankan yang dipilih oleh pemerintah. Program Kredit Usaha Rakyat ini adalah salah satu langkah bagi kemajuan ekonomi. 

UMKM merupakan salah satu bagian penting dalam penggerak roda perekonomian nasional. Di mana UMKM memiliki peran penting untuk memberikan lapangan pekerjaan.

Tujuan KUR

Secara umum keberadaan KUR memiliki tujuan untuk membantu para pelaku UMKM dalam mengakses permodalan.

Majunya UMKM merupakan bagian penting bagi roda perekonomian negara, sebab akan menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan sehingga dapat mengurangi angka kemiskinan.

Baca Juga: 5 Hal yang Buat Kamu Selalu Gagal Mengatur Keuangan

Ada berapa jenis KUR

KUR terdiri dari beberapa jenis yang dikategorikan dengan target penerimanya. Berikut jenis-jenis KUR yang perlu kalian tahu.

1. KUR Mikro

KUR Mikro merupakan jenis kredit usaha rakyat yang diperuntukkan bagi usaha kecil berskala mikro. Besar pinjaman maksimal atau plafon kreditnya yakni dibatasi hanya hingga Rp25 juta, tetapi bisa saja berbeda, tergantung pada kebijakan dari bank penyalurnya.

Sasaran KUR Mikro ialah usaha kecil yang dinilai produktif dan prospektif dari sisi keuntungan. Harapannya ialah si penerima bisa membayar cicilan kredit dengan tepat waktu sesuai yang telah disepakati dengan pihak bank.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini