10 Negara Terkaya di Dunia 2023, Indonesia Masuk Urutan Berapa?

Sunardi
Kamis 25 Mei 2023, 19:13 WIB
Ilustrasi negara yang memiliki kekayaan terbanyak di dunia. (Sumber : freepik.com)

Ilustrasi negara yang memiliki kekayaan terbanyak di dunia. (Sumber : freepik.com)

LABVIRAL.COM - Pada Rabu (24/05/2023) lalu, Majalah Global Finance merilis daftar negara di dunia. Daftar ini telah mengalami perubahan akibat kondisi global beberapa tahun belakangan, seperti terjadinya pandemi Covid-19 dan perang antara Rusia dan Ukraina.

Daftar negara terkaya di dunia ini menggunakan beberapa aspek sebagai pertimbangan. Aspek yang utama ialah Produk Domestik Bruto (PDB) dari suatu negara. Selain itu, Purchasing Power Parity (PPP) atau paritas daya beli dan pendapatan per kapita juga menjadi faktor penentu.

Akibat pandemi dan invansi Rusia terhadap Ukraina, krisis ekonomi menjadi salah satu dampak yang terasa di berbagai negara. Oleh sebab itu, Global Finance juga memasukkan ketahanan ekonomi suatu negara sebagai pertimbangan kekayaan negara.

Baca Juga: Harta Kekayaan 7 Presiden Indonesia

Baca Juga: Kekayaan Politisi PKS Bukhori Yusuf Berbau Manipulasi, Baru Viral Gegara Aniaya Istri Kedua

Lalu, apa saja negara yang berhasil masuk sebagai 10 negara terkaya di dunia? Apakah Indonesia menjadi salah satu di antaranya? Mari kita lihat dalam daftar berikut.

1. Irlandia (USD 145.196)

Urutan pertama dalam daftar ini sekaligus menjadi negara terkaya di dunia ialah Irlandia. Negara yang berseberangan dengan Inggris ini menduduki peringkat pertama dengan PDB sebesar USD 145.196. Jumlah ini dapat dicapai karena banyaknya perusahaan elit dunia yang berpusat di sana, seperti Google, Apple, Microsoft, dan lainnya.

2. Luksemburg (USD 142.490)

Negara selanjutnya ialah Luksemburg. Negara yang berbatasan dengan Prancis, Jerman, dan Belgia ini memiliki GDP hingga USD 142.490. Negara dengan jumlah penduduk sekitar 650 ribu jiwa ini juga mampu memberikan pelayanan pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur yang baik bagi bagi warganya.

3. Singapura (USD 133.895)

Urutan ketiga daftar negara terkaya di dunia diisi oleh tetangga kita, yakni Singapura. Negara kecil di sebelah barat Indonesia ini memiliki GDP hingga sebesar USD 133.895.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini