Langkah Langkah Menjadi Pengusaha Sarang Burung Walet

Aci
Senin 05 Juni 2023, 15:56 WIB
Tempat tinggal burung walet (Sumber : Istockphoto.com)

Tempat tinggal burung walet (Sumber : Istockphoto.com)

LABVIRAL.COM - Burung walet merupakan salah satu burung yang banyak diminati masyarakat, namun perlu diketahui burung walet dipelihara bukan untuk karena keindahan fisiknya maupun suaranya melainkan karena sarangnya.

Sarang burung walet dapat dikonsumsi dan terkenal dengan beragam manfaatnya, mulai dari kecantikan sampai dengan kesehatan. Oleh sebab itu burung walet dijadikan ternak sebagai ladang usaha.

Berbicara ladang usaha, kamu perlu tahu terdapat beberapa langkah penting yang perlu kamu lakukan dalam membuat usaha sarang burung walet. Berikut Labviral.com jelaskan yuk disimak!

Baca Juga: Cara Mengolah dan Memasak Sarang Burung Walet, Jangan Ngasal!

Ternak burung walet

Langkah pertama yang harus kamu lakukan dalam membuka usaha sarang burung walet. Yaitu menternak burung walet, kamu harus memiliki cukup banyak burung walet.

Tempat tinggal burung walet

Selanjutnya kamu harus menyiapkan tempat tinggal untuk burung walet agar dia mau membangun sarang, sehingga kamu bisa mendirikan usaha sarang burung walet.

Untuk membuat tempat tinggal burung walet, kamu harus membuatnya mirip dengan habitat asli. Dimana minim cahaya, dingin dan juga lembab. Perlu kamu ingat, untuk tempat tinggal burung walet kamu hanya perlu menyediakan satu pintu untuk burung walet keluar masuk.

Baca Juga: Resep Membuat Sarang Walet Gula Batu

Makan dan perawatan burung walet

Umumnya dalam ternak burung walet biasanya menggunakan bibit telur walet, nantinya setelah menetas letakan di dalam rumah walet selama dua sampai tiga hari untuk menghasilkan burung yang berkualitas. 

Beri makan anakan burung walet yang mengandung karbohidrat dan protein tinggi, seperti rayap, kumbang, semut, dan serangga bersayap lain.

Merawat kebersihan kandang walet

Perlu sobat viral ketahui, selain sarang walet ternyata kotoran walet juga berharga dalam perawatan dan ternak burung walet, namun juga bersihkan  tiga minggu sekali dengan menggunakan alat sekop hingga bersih. 

Baca Juga: Manfaat Sarang Burung Walet, Dari Kesehatan Sampai Kecantikan

Kotoran walet bisa dimanfaatkan sebagai  pupuk, juga untuk melumuri rumahan walet agar si burung walet merasa bertambah nyaman tinggal di situ disebabkan merasa punya banyak koloni.

Panen sarang burung walet

Burung Walet akan menjadi dewasa dalam waktu empat tahun. Setelah dewasa, mereka akan berkembang biak dan membangun sarang lagi untuk menampung telur. 

Baca Juga: Ini Jenis-jenis Burung Walet dan Juga Sarangnya

Sarang inilah yang akan kamu jual belikan sehingga menjadi bisnis baru untuk kamu. Cara memanen burung walet harus dilakukan dengan hati-hati untuk mencegah burung walet keluar dari rumahnya. 

Idealnya waktu untuk memanen sarang walet adalah 2 hingga 3 bulan (tergantung dari berapa banyak sarang yang sudah dihasilkan dan perkembangbiakan burung waletnya). 

Nah, itu dia langkah-langkah yang perlu kamu lakukan jika ingin menjadi pengusaha sarang burung walet. Semoga bermanfaat ya.**

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait
Hype

Resep Membuat Sarang Walet Gula Batu

Minggu 04 Juni 2023, 12:13 WIB
Resep Membuat Sarang Walet Gula Batu
Berita Terkini