Ini Jenis-jenis Burung Walet dan Juga Sarangnya

Aci
Sabtu 03 Juni 2023, 14:36 WIB
Jenis burung walet dan juga jenis sarang burung walet (Sumber : Istockphoto.com)

Jenis burung walet dan juga jenis sarang burung walet (Sumber : Istockphoto.com)

LABVIRAL.COM - Burung walet merupakan salah satu burung yang banyak diminati masyarakat, namun perlu diketahui burung walet dipelihara bukan untuk karena keindahan fisiknya maupun suaranya melainkan karena sarangnya.

Sarang burung walet dapat dikonsumsi dan terkenal dengan beragam manfaatnya, mulai dari kecantikan sampai dengan kesehatan. Oleh sebab itu burung walet dijadikan ternak sebagai ladang usaha.

Baca Juga: Keunikan Burung Unta, Sayapnya Tidak Untuk Terbang

Berbicara sarang burung walet, perlu sobat viral ketahui pada umumnya sarang burung walet berwarna terang putih atau sedikit kecoklatan. Namun, tiap jenis jenis burung walet mempunyai ciri-ciri sarang yang berbeda pula. 

Berikut Labviral.com jelaskan jenis-jenis burung walet beserta jenis sarangnya. Yuk disimak!

Burung Walet Gunung

Burung walet gunung memiliki jangkauan terbang paling luas diantara jenis burung walet lainnya.  Burung ini biasanya terbang berkelompok ke daerah puncak gunung atau tebing dengan cepat.

Untuk ciri fisiknya, burung walet gunung memiliki ekor yang berwarna abu-abu kehitaman. Bagian kaki burung ini memiliki sedikit bulu atau bahkan tidak sama sekali. 

Baca Juga: Karakteristik Burung Unta, Ternyata Menjadi Burung yang Bodoh karena Benamkan Kepala Saat Merasa Takut

Selain itu burung ini juga memiliki suara yang nyaring dan tubuh yang tergolong besar, yakni 14 cm. Untuk sarangnya burung walet gunung akan menempatkan sarangnya pada scelah batu dan dibuat di bekas kawah gunung.

Burung Walet Sarang Hitam

Burung walet sarang hitam memiliki ciri fisik dimana bulunya berwarna coklat atau kehitaman dengan bulu ekor berwarna coklat kelapa. Terdapat bulu yang merata di kakinya dan ekor yang sedikit bercelah.

Panjang tubuh burung walet jenis ini tidak terlalu besar hanya sekitar 13 cm. Warna mata burung ini yaitu coklat tua sedang paruh dan kakinya berwarna hitam. 

Baca Juga: Fakta Menarik dari Kaki dan Sayap Burung Unta, Fungsinya Berbeda dari Burung pada Umumnya

Sobat viral dapat menemukan burung walet sarang hitam di goa-goa di mana suplai sinar matahari sangat sedikit.

Burung Walet  Putih

Peluru sobat viral ketahui burung walet putih dinamai bukan karena bulunya berwarna putih, melainkan warna sarangnya. Sementara itu dilihat dari karakter fisiknya, ciri ciri burung walet ini memiliki bulu berwarna coklat kehitaman di bagian atas dan dan bulu berwarna coklat di bagian bawahnya.

Burung walet putih dapat dikenali dari suaranya yang nyaring. Sedangkan sarang burung ini seluruhnya terbuat dari air liur. Burung walet putih juga memiliki sayap yang lebih kuat sehingga mampu terbang lebih lama.

Baca Juga: Fakta-Fakta Menarik Tentang Burung Unta, Pelari Handal yang Tak Bisa Terbang

Nah itu dia, beberapa ciri-ciri burung walet yang perlu diketahui. Apabila sobat viral punya niat untuk menjadi peternak walet. Semoga bermanfaat ya.**

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini