Cara Mengolah dan Memasak Sarang Burung Walet, Jangan Ngasal!

Aci
Minggu 04 Juni 2023, 11:43 WIB
Cara mengolah sarang burung walet (Sumber : Istockphoto.com)

Cara mengolah sarang burung walet (Sumber : Istockphoto.com)

LABVIRAL.COM - Burung walet merupakan salah satu burung yang banyak diminati masyarakat, namun perlu diketahui burung walet dipelihara bukan untuk karena keindahan fisiknya maupun suaranya melainkan karena sarangnya.

Sarang burung walet dapat dikonsumsi dan terkenal dengan beragam manfaatnya, mulai dari kecantikan sampai dengan kesehatan. Oleh sebab itu burung walet dijadikan ternak sebagai ladang usaha.

Berbicara sarang burung walet, untuk mengkonsumsinya kamu perlu tahu cara mengolah sampai dengan memasaknya sehingga aman untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Keunikan Burung Unta, Sayapnya Tidak Untuk Terbang

Berikut ini, Labviral.com jelaskan cara pengolahan dan membuatnya. Yuk disimak!

cara mengolah:

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu, membersihkan sarang burung walet agar dapat menghasilkan rasa yang lezat selain itu agar tidak ada sisa sisa kotoran atau bulu burung yang terdapat di sarang terbut.

Berikutnya, masukkan air bersih ke mangkuk sampai dengan merendam seluruh permukaan sarang burung walet yang ada. cara Ini dilakukan agar sarang burung walet dapat menyerap air tersebut.

Baca Juga: Karakteristik Burung Unta, Ternyata Menjadi Burung yang Bodoh karena Benamkan Kepala Saat Merasa Takut

Untuk memastikannya benar-benar bersih, air yang digunakan untuk merendam walet bisa diganti satu hingga dua kali, kemudian lakukan proses ini secara berulang sebanyak 3-4 kali.

Setelah direndam air, usahakan lebih dari tiga hingga delapan jam agar bentuk sarang semakin melebar dan teksturnya berubah menjadi lebih 

lembut.

Selanjutnya, saat proses pembersihan, terkadang menemui sedikit bulu-bulu halus ataupun serpihan kotoran yang masih menempel.

Baca Juga: Fakta Menarik dari Kaki dan Sayap Burung Unta, Fungsinya Berbeda dari Burung pada Umumnya

Untuk menjaga kualitas kebersihannya, disarankan untuk mengambil sisa kotoran tersebut dengan gunting kecil, pinset ataupun benda lainnya yang bisa menjangkau seluruh permukaan sarang tanpa merusaknya. sangat Diperlukan keterampilan dan kehati-hatian agar sarang walet tidak robek ataupun terbelah karena kesalahan yang tidak sengaja dilakukan.

Cara Memasak Sarang Burung Walet:

Disarankan untuk tidak memasaknya secara tradisional dengan membakarnya di atas api secara langsung. Hal tersebut akan membuat khasiat sarang burung walet menurun jika dipanaskan lebih dari 80 derajat celcius.

Baca Juga: Penyebab Burung Unta Tak Bisa Terbang Meskipun Punya Sayap Berbulu, Tapi Bisa Balapan 70 KM per Jam

Sarang burung walet akan diletakan di dalam mangkuk sebelum diletakan di dalam panci berisi air. Teknik ini disebut sebagai double boiling. (seperti penjelasan diatas). 

Selain dengan merebus, cara memasak sarang burung walet juga dapat dilakukan dengan metode pengukusan. Untuk aneka kreasi lainnya, bisa ditambahkan sesuai selera. Namun, pastikan bahwa resep sarang burung walet yang digunakan sesuai dan tidak menghilangkan manfaat dari sarang walet.

Nah, itu dia tips pengolahan sarang burung walet yang bisa kamu gunakan jika ingin mengolahnya, semoga bermanfaat ya.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini