Punya Gaji Rp5 Juta, Coba Puter Duitnya dengan Hal Bermanfaat Berikut!

Dian Eko Prasetio
Rabu 22 Maret 2023, 01:24 WIB
Illustrasi memutar penghasilan (Sumber : Pixabay)

Illustrasi memutar penghasilan (Sumber : Pixabay)

LABVIRAL.COM - Punya gaji Rp5 juta sepertinya kecil saat ini. Sebab harga-harga, seperti kebutuhan pokok semakin mahal. Ditambah lagi biaya lain, semisal biaya pendidikan anak.

Kalau tidak pintar-pintar mengatur keuangan, sebetulnya gaji berapapun bakal habis tanpa jejak. Alokasinya pun tidak jelas. Untuk kebutuhan tidak terpenuhi, sedangkan untuk keinginan justru dibela-belain.

Sebaliknya, bila kamu cerdas dalam mengelola keuangan, gaji Rp5 juta sangat bisa dibagi-bagi untuk memenuhi semua kebutuhan. Bukan hanya pangan, tetapi juga tetap dapat menabung, maupun investasi.

Bagaimana cara mempraktikkannya? Simak tips mengatur keuangan untuk kamu yang bergaji Rp5 juta berikut ini:

Baca Juga: Ada Caranya, Berikut 5 Jurus Menghadapi Komplain Konsumen dengan Baik

1. Habiskan saja gajimu

Pernah mendengar pernyataan ‘habiskan saja gajimu?’ Kalimat ini maksudnya adalah jangan sisakan gajimu sedikitpun. Saldo tersisa harus nol.

Kok malah seperti itu mengajarkannya? Ya memang demikian. Tetapi habiskan di sini adalah tidak untuk foya-foya.

Kamu dapat membuat anggaran bulanan, lalu mengalokasikan gajimu untuk pos-pos pengeluaran yang penting dalam kurun waktu sebulan.

Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan prinsip mengatur keuangan 10-20-30-40. Sebesar 40% dari gaji untuk kebutuhan atau biaya hidup sehari-hari, seperti makan, biaya transportasi, membayar sewa rumah, tagihan listrik dan air, dan sesekali untuk hiburan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini