Cara Membuat Tempat Tinggal Burung Walet, Agar Dia Mau Membangun Sarang

Aci
Senin 05 Juni 2023, 15:55 WIB
Tempat tinggal burung walet (Sumber : Istockphoto.com)

Tempat tinggal burung walet (Sumber : Istockphoto.com)

LABVIRAL.COM - Burung walet merupakan salah satu burung yang banyak diminati masyarakat, namun perlu diketahui burung walet dipelihara bukan untuk karena keindahan fisiknya maupun suaranya melainkan karena sarangnya.

Sarang burung walet dapat dikonsumsi dan terkenal dengan beragam manfaatnya, mulai dari kecantikan sampai dengan kesehatan. Oleh sebab itu burung walet dijadikan ternak sebagai ladang usaha.

Baca Juga: Cara Mengolah dan Memasak Sarang Burung Walet, Jangan Ngasal!

Berbicara ladang usaha untuk kamu yang ingin menternak burung walet untuk dijadikan usaha, hal pertama yang perlu kamu lakukan yaitu membuat tempat untuk burung walet mendirikan sarang mereka.

Perlu sobat viral tahu, menyiapkan tempat untuk burung walet mendirikan sarang tidak bisa dilakukan sembarangan lho! Sobat viral perlu tahu beberapa hal, karena burung walet tidak akan mau membangun sarang jika tempat tersebut tidak seperti habitat aslinya.

Nah, berikut ini Labviral.com, jelaskan cara membuat tempat untuk burung walet yang aman dan nyaman. Yuk disimak!

Baca Juga: Ini Jenis-jenis Burung Walet dan Juga Sarangnya

Untuk membuat tempat tinggal burung walet kamu bisa menyediakan tempat khusus untuk burung walet membangun sarang, kamu bisa menggunakan bangunan kosong.

Setelah itu, kamu juga harus membuat bangunan tersebut seolah tempat asli burung walet. Yaitu terhindar dari paparan sinar matahari atau kondisi pencahayaan yang dibuat seminimal mungkin agar burung walet lebih mudah beradaptasi. 

Usahakan untuk membuat tempat semirip mungkin dengan kondisi ruangan yang dingin, lembab, serta minim pencahayaan. Selain itu, kamu harus menyediakan satu pintu saja untuk keluar masuk burung walet dan juga keluar masuk udara agar sirkulasi oksigen lancar. 

Baca Juga: Mengenal Burung Walet, Habitat, Pakan dan Ciri Fisik Sampai dengan Karakter

Agar budidaya walet berhasil di habitat buatan, atur suhu ruang dalam gedung pada kisaran 24 hingga 26 derajat Celcius.  Pastikan gedung atau rumah kosong yang digunakan sebagai tempat budidaya jauh dari kebisingan karena burung walet tidak menyukai keramaian.

Cara lainnya untuk membuat burung walet betah dan tidak pergi mencari sarang lain adalah dengan membangun kandang dekat dengan sumber pakan alami seperti sawah dan pinggiran aliran sungai.

Nah, itu dia cara membuat tempat tinggal untuk burung walet agar dia mau membangun sarangnya dengan nyaman. Semoga bermanfaat ya.**

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait
Hype

Resep Membuat Sarang Walet Gula Batu

Minggu 04 Juni 2023, 12:13 WIB
Resep Membuat Sarang Walet Gula Batu
Berita Terkini