Jangan Panik Bunda! Ini 6 Tips Tangani Bayi Diare

Zahwa Elia Azzahra
Rabu 15 Maret 2023, 21:21 WIB
Ilustrasi, bayi diare (Pixabay.com/Daniela Dimitrova)

Ilustrasi, bayi diare (Pixabay.com/Daniela Dimitrova)

LABVIRAL.COM - Bayi mengalami diare memang kadang membuat panik. Terlebih bagi bunda yang baru memiliki anak.

Mulai sekarang, bunda jangan panik lagi. Memahami tentang diare pada bayi merupakan langkah yang tepat. Bunda jadi paham cara menangani si kecil yang mengalami diare.

Bunda siapkan catatan ya, diare sangat wajar terjadi pada bayi. Diare ditandai dengan fases yang cair sehingga kerap kali menyebabkan popok si kecil rembes.

Baca Juga: Tak Ingin Minum Obat Apotek, Begini Cara Mengatasi Diare dengan Obat Alami

Diare umumnya disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. Masalah pencernaan ini dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Namun, diare pada bayi juga tidak dapat disepelekan. Bayi tetap perlu mendapatkan asupan cairan dan nutrisi yang cukup selama diare. Hal tersebut guna menjaga hidrasi pada tubuhnya. Ada beberapa cara mengatasi diare pada bayi.

Berikut tips cara menangani diare pada bayi dari Labviral.com dilansir dari video yang tayang di channel Youtube Bloom Edukasi:

Baca Juga: 5 Peluang Usaha di Desa yang Belum Banyak Pesaingnya, Apa Saja Yah?

1. Berikan ASI

Bunda harus memberikan ASI secara teratur. Sebab, ASI mengandung nutrisi dan menjadi pengganti cairan dan nutrisi yang hilang selama bayi sering BAB. ASI juga bisa melawan bakteri atau virus penyebab diare karena mengandungg antibodi.

2. Cairan oralit

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini