Tak Ingin Minum Obat Apotek, Begini Cara Mengatasi Diare dengan Obat Alami

Zahwa Elia Azzahra
Rabu 15 Maret 2023, 21:17 WIB
Ilustrasi diare

Ilustrasi diare

LABVIRAL.COM - Salah satu penyakit pencernaan yang paling sering dialami masyarakat Indonesia tak lain dan tak bukan adalah diare. Kondisi ini membuat kamu menjadi sering bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air besar (BAB), namun feses yang dikeluarkan akan menjadi cair, lembek bahkan bisa berlendir.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, misalnya infeksi virus atau bakteri, konsumsi makanan terlalu pedas, keracunan makanan, hingga efek samping obat-obatan. Agar tidak membuat diare semakin parah, kamu harus segera mencari cara untuk menyudahinya. Tak harus selalu mengandalkan obat kimia yang dijual di apotek, kamu juga bisa mencoba obat diare alami yang mudah ditemukan.

Semisal bagi ibu hamil, tak semua obat diare yang ada di apotek aman untuk dikonsumsi. Yuk simak obat alami yang dipercaya mampu mengobati diare!

Baca Juga: 5 Peluang Usaha di Desa yang Belum Banyak Pesaingnya, Apa Saja Yah?

1. Chamomile

Chamomile adalah tanaman herbal yang dipercaya sebagai obat alami untuk mengatasi diare. Kandungan zat aktif antiperadangan yang ada pada chamomile dapat membuat perut lebih nyaman dari yang sebelumnya mual dan kembung. Untuk menggunakan chamomile sebagai obat alami diare, rebuslah beberapa tangkai bunga chamomile kering sampai mendidih.

Lalu, tuangkan ke dalam gelas dan biarkan hingga sedikit dingin, setelahnya teh chamomile siap diminum. Tamanan chamomile tidak memiliki rasa yang kuat, namun agar lebih enak, kamu bisa menambahkan madu dan perasan lemon.

Baca Juga: Apakah Obat Tidur Pilihan Tepat Mengobati Insomnia? Simak Penjelasan Berikut

2. Teh Jahe

Siapa sih yang tidak suka dengan minuman teh? Ternyata teh juga bisa menyembuhkan diare lho! Namun tehnya berbeda, karena untuk mengatasi diare kamu harus mencampurkan teh dengan jahe. Sebab, jahe memiliki sifat antiradang, antinyeri, antibakteri, dan memiliki kandungan antioksidan. Jahe sendiri memiliki kandungan yang bisa menenangkan perut yang melilit akibat diare.

Baca Juga: Pola Diet BRAT, Cara Tepat Mengobati Diare di Rumah

3. Sayur-sayuran

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini