Resep Bubur Kaldu Ceker Ayam untuk MPASI, Yuk Dicoba Bun!

Zahwa Elia Azzahra
Senin 20 Maret 2023, 19:43 WIB
Ilustrasi MPASI

Ilustrasi MPASI

LABVIRAL.COM - Di usia enam bulan, bayi pada umumnya sudah diberikan Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI). Untuk mengolah dan memasak MPASI untuk anak pun tidak boleh sembarangan. Para bunda, harus tahu betul kandungan nutrisi yang seimbang untuk buah hati agar tumbuh dengan sehat.

Salah satu menu MPASI yang baik untuk kesehatan bayi di masa pertumbuhannya yaitu ceker ayam. Yap, walau ceker ayam sering dianggap jorok dan kotor, tapi faktanya ceker ayam mengandung banyak manfaat untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak, seperti meningkatkan daya tahan tubuh, mengoptimalkan perkembangan otak, melancarkan pencernaan, hingga menjaga kesehatan gusi pada anak.

Ceker ayam dapat diolah menjadi MPASI yang sehat untuk anak. Cara membuatnya pun mudah dan bisa dimasak bersama sayuran yang sehat. 

Baca Juga: Bisa Jadi Motivasi, Empat Rahasia Orang Tua Finlandia Asuh Anak Menjadi Pintar

Nah, berikut ini Labviral.com akan memberikan resep membuat bubur ayam kaldu ceker yang disadur dari kanal YouTube Baby Tama Journey, cekidot!

Bahan-bahan :

  • Dada Ayam : 100 gr (cincang halus)
  • Kaldu Ceker : 250 ml
  • Nasi : 100 gr / 4 sdm
  • Minyak Wijen : 1 sdm
  • Kacang Merah : 5 gr (kukus dan potong-potong kecil)
  • Brokoli : 5 gr (cincang halus)
  •  Tomat ukuran kecil : setengah buah (diparut / diblender)
  • Bawang Putih : 1 siung (cincang halus)
  • Bawang Bombay : 5 gram / 1 slice (cincang halus)
  • Jahe : 1 ruas jari (digeprek)
  • Air : 50 ml

Baca Juga: Biar Gak Buntung, Berikut Tips Membeli Barang Lelangan di Pegadaian

Cara Membuat :

  1.  Siapkan penggorengan untuk menumis. Lalu tuang minyak wijen, tunggu sampai panas. Kemudian tambahkan bawang putih dan aduk sampai wangi dan matang. Jika sudah, tambakan jahe yang sudah digeprek dan bawang bombay, aduk sampai rata. Kemudian tambahkan keju, aduk-aduk sampai merata. Setelah itu tambahkan tomat yang sudah diblender atau diparut, aduk sampai rata. Lalu, tambahkan air dan aduk sampai mendidih. Jika sudah, tambahkan dada ayam filet, aduk sampai matang.
  2. Kemudian tambahkan brokoli yang sudah dipotong kecil, kacang merah dan kaldu ceker, aduk sampai rata.
  3. Selanjutnya, masukkan nasi putih dan diaduk hingga tercampur dengan semua bahan. Tunggu hingga mendidih sampai airnya berkurang.
  4. Jika sudah matang dan airnya sudah berkurang. Kemudian ditumbuk untuk mendapatkan tekstur yang kasar.
  5. Lalu, ambil 1/5 dari bubur tekstur kasar tersebut dan kemudian disaring hingga halus. 
  6. Langkah berikutnya, pisahkan antara bubur tekstur kasar dan halus di wadah yang berbeda. Lalu, campur keduanya dan aduk hingga rata. 
  7. Jika bubur dimasak dalam jumlah porsi yang besar, bunda juga bisa menyimpannya di wadah tertutup dan jangan lupa diberi label nama dan tanggal membuatnya. Lalu simpanlah di dalam freezer.

Untuk penyimpanan MPASI di Freezer bisa tahan sampai satu bulan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini