Bunda Ayo Pelajari Menu dan Resep MPASI Ini, Bisa Dicoba di Rumah!

Zahwa Elia Azzahra
Senin 20 Maret 2023, 19:51 WIB
Ilustrasi MPASI

Ilustrasi MPASI

LABVIRAL.COM - Makanan pendamping ASI (MPASI)  merujuk pada makanan yang dapat dengan mudah dikonsumsi serta dicerna oleh bayi yang masih menyusui.

Beberapa ahli menyarankan MPASI yang diberikan harus mengandung nutrisi tambahan guna memenuhi kebutuhan gizi pada bayi yang sedang bertumbuh. Meski ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi, tetapi yang telah berusia enam bulan membutuhkan lebih banyak vitamin, mineral, protein serta karbohidrat.

Dikutip Labviral.com dari laman rsa.ugm.ac.id, Dokter Umum RSA UGM, Annisa Nurul Pratiwi Sudarmadi mengatakan, gangguan pertumbuhan dan perkembangan pada anak akibat kekurangan gizi kronis bisa sebabkan stunting.

Baca Juga: Cara Merangsang Kecerdasan Majemuk Anak

Namun, bukan berarti bayi yang telah diberikan MPASI mesti berhenti diberikan ASI. Sebab, MPASI hanya menjadi sarana untuk melengkapi konsumsi ASI pada anak yang masih bayi.

MPASI juga dapat melatih anak untuk tidak terlalu bergantung pada kebutuhan ASI. Apalagi seiring dengan bertambahnya usia, anak membutuhkan kemampuan untuk mengunyah dan menelan makanan.

Baca Juga: Resep Bubur Kaldu Ceker Ayam untuk MPASI, Yuk Dicoba Bun!

Berikut contoh komposisi menu MPASI untuk anak usia 6-8 bulan dari Annisa yang bisa diikuti orang tua.

  • Nasi halus 3,5 sdm
  • Telur ayam 1/2 butir
  • Sayur 2 sdm
  • Tempe 1/2 potong
  • Margarin 1 sdt
  • Pepaya 1 potong kecil

Anak tidak hanya mengonsumi MPASI dengan komposisi makanan di atas. Orang tua perlu berkreasi agar anak mengenal banyak makanan, salah satu dengan resep kreasi MPASI yang dapat dikonsumsi oleh bayi berusia enam bulan yakni bubur udang tahu.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini