Doa Setelah Sholat Tahajud Lengkap, Arab, Latin dan Terjemahan

Hadi Mulyono
Rabu 15 Maret 2023, 13:54 WIB
Ilustrasi sholat Tahajud. (Sumber : freepik.com/rawpixel.com)

Ilustrasi sholat Tahajud. (Sumber : freepik.com/rawpixel.com)

LABVIRAL.COM - Sholat Tahajud adalah ibadah yang hukumnya sunnah dan paling utama dikerjakan pada sepertiga malam terakhir setelah bangun tidur.

Rasulullah saw bersabda, “Rabb kita tabaroka wa ta’ala turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berkata: ‘Siapa yang berdoa pada-Ku, aku akan memperkenankan doanya. Siapa yang meminta pada-Ku, pasti akan Kuberi. Dan siapa yang meminta ampun pada-Ku, pasti akan Kuampuni’.” (HR Bukhari).

Dari hadis di atas, diyakini bahwa apabila seseorang memanjatkan doa setelah sholat Tahajud pasti akan dikabulkan cepat atau lambat.

Baca Juga: 5 Efek Samping Pemutih Gigi bagi Kesehatan, dari Iritasi hingga Luka Tenggorokan

Lalu seperti apa bacaan doa yang bisa diamalkan seusai mengerjakan sholat sunnah yang juga dikenal dengan istilah Qiyamul Lail tersebut? Simak artikel ini sampai habis ya!

Doa Setelah Sholat Tahajud

Ilustrasi sholat witirIlustrasi sholat Tahajud.

اَللّٰهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ

اَللّٰهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ، اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ
اِلاَّ اَنْتَ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Baca Juga: Karang Gigi Lepas Sendiri, Baik atau Berbahaya?

Allahumma lakal hamdu Anta qayyimus sawamati wal ardhi wa man fihinn. Wa lakal hamdu anta malikus samawati wal ardhi wa man fihin. Wa lakal hamdu anta nurussamawati wal ardhi wa man fahihin wa lakal hamdu antal haqq wa wa’dukal haq, wa liqauka haqq, wa qauluka haq, wal jannatu haqq, wan naru haqq, wannabiyyuna haqq, Muhammadun shallalahu ‘alahi wa sallama haqq, wassa’atu haqq.

Allahuma laka aslamtu wa bika amantu wa ‘alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khashamtu wa ilaikan hakamtu, faghfirli, ma qaddamtu, wama akkhartu, wama asrartu, wama a’lantu, wama anta a’lamu bihi minni, antal muqaddimu wa antal muakhiru, la ilaha illa anta, wala hawla wala quwwata illa billah.

Artinya: "Ya Allah! Bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji Bagi-Mu kerajaan langit dan bumi serta seisi-nya.

Baca Juga: Apa Bedanya Gemuk dan Obesitas?

Bagi-Mu segala puji Engkau (Allah) benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, bertemu dengan-Mu benar, surga adalah benar, neraka adalah benar, para nabi adalah benar, Muhammad adalah benar, hari kiamat adalah benar.

Ya Allah, kepada-Mu aku pasrah, kepada-Mu aku bertawakal, Kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku kembali (bertaubat), dengan pertolongan-Mu aku berdebat (kepada orang-orang kafir), kepada-Mu (dan dengan ajaran-Mu), aku menjatuhkan hukum.

Ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang. Engkaulah yang mendahulukan dan mengakhirkan, tiada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang disembah kecuali Engkau."

Baca Juga: Tips Melihat Profil Instagram Orang Lain yang Dikunci, Dijamin Anti Ribet!

Perintah Sholat Tahajud

Ilustrasi doa setelah sholat Hajat.Ilustrasi doa setelah sholat Tahajud.

Meski hukumnya sunnah, tetapi ibadah ini sangat dianjurkan sebagaimana perintah Allah Swt dalam Al-Qur'an yang artinya:

"Pada sebagian malam lakukanlah salat tahajud sebagai (suatu ibadah) tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji." (QS. Al-Isra ayat 79).

Baca Juga: Pingin Motor Kenceng Tanpa Boreup dan Strokeup, Lakukan Hal Ini!

Kemudian dalam sebuah hadis disebutkan bahwa seseorang akan semakin baik apabila rutin sholat malam karena doa yang dipanjatkannya bakal cepat dikabulkan Allah.

Dari Abu Umamah ia berkata, "Rasulullah saw ditanya , Wahai Rasulullah, doa apakah yang paling didengar? Beliau berkata, 'Doa ditengah malam terakhir, serta setelah sholat-sholat wajib." (HR. Tirmidzi).

Demikian doa sholat Tahajud lengkap mulai dari lafal Arab, latin dan terjemahannya. Semoga bermanfaat ya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini