Mengenal Apa Itu Nafkah Mut'ah, Tuntutan Inara Rusli Kepada Virgoun

Hadi Mulyono
Selasa 30 Mei 2023, 07:43 WIB
Inara Rusli dan Virgoun.(Instagram.com/mommy_starla)

Inara Rusli dan Virgoun.(Instagram.com/mommy_starla)

LABVIRAL.COM - Pasca memutuskan bercerai dari Virgoun Last Child, Inara Rusli dikabarkan menuntut nafkah mut'ah dan iddah kepada pelantun lagu Surat Cinta untuk Starla tersebut.

Tak tanggung-tanggung, Inara dikabarkan menuntut Virgoun dengan angka mencapai Rp10 miliar untuk membayar nafkah mut'ah dan dibayar tunai.

Sebagian dari kita mungkin bertanya-tanya apa sebenarnya tuntutan Inara tersebut menurut hukum agama Islam.

Baca Juga: Hukum Memberi Nafkah Keluarga dan Pahalanya, Para Suami Harus Tahu!

Nah, dalam artikel ini akan lebih khusus membahas tentang nafkah mut'ah yang dijadikan dasar Inara Rusli menuntut Virgoun Last Child.

Dikutip dari situs resmi Pengadilan Agama Surabaya pada Selasa, 30 Mei 2023, nafkah yang diminta Inara Rusli termasuk hak perempuan dan anak setelah terjadi perceraian dalam rumah tangga.

Aturannya tertuang dalam bab HAK-HAK PEREMPUAN DAN ANAK PASCA PERCERAIAN (UU No 1 tahun 1974 diubah dengan UU No 16 Tahun 2019 jo PERMA No 3 Tahun 2017 jo SEMA No 3 tahun 2018 jo SEMA No 2 Tahun 2019 jo Kompilasi Hukum Islam).

Baca Juga: Dalil Kewajiban Memberi Nafkah yang Halal untuk Keluarga

Secara bahasa, nafkah mutah artinya penghibur. Adapun dalam definisi fikih adalah pemberian dari mantan suami kepada mantan istri yang dijatuhi talak, baik berupa uang atau benda lainnya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini