5 Hadits tentang Keutamaan Memberi kepada yang Membutuhkan

Hadi Mulyono
Rabu 07 Juni 2023, 14:27 WIB
Hadits tentang memberi. (Sumber : pexels.com/Madrosah Sunnah)

Hadits tentang memberi. (Sumber : pexels.com/Madrosah Sunnah)

LABVIRAL.COM - Agama Islam mengajarkan kita untuk senantiasa memberi kepada yang membutuhkan karena sejatinya harta benda hanya titipan dari Allah Swt.

Sejumlah hadits tentang keutamaan memberi bisa menjadi bukti bahwa berbagi kepada sesama mempunyai pahala yang besar. Bahkan, Allah Swt berfirman:

وَتَعَاوَنُوا۟ عَلَى ٱلْبِرِّ وَٱلتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا۟ عَلَى ٱلْإِثْمِ وَٱلْعُدْوَٰنِ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ۖ إِنَّ ٱللَّهَ شَدِيدُ ٱلْعِقَابِ

Wa ta'āwanụ 'alal-birri wat-taqwā wa lā ta'āwanụ 'alal-iṡmi wal-'udwāni wattaqullāh, innallāha syadīdul-'iqāb.

Baca Juga: 8 Keutamaan Sedekah di Hari Jumat, Menghapus Dosa hingga Menambah Kekayaan

Artinya: "Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya." (QS. Al-Ma’idah ayat 2).

Lalu seperti apa hadits keutamaan memberi yang bisa menjadi motivasi kepada kita agar senantiasa menyisihkan harta? Scroll terus artikel ini sampai habis ya!

1. Hadits tentang keutamaan memberi

Dari Abu Hurairah, dari Rasulullah shallallahu alaihi wasallam beliau bersabda, "Sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Tidak ada orang yang memberi maaf kepada orang lain, melainkan Allah akan menambah kemuliaannya. Dan tidak ada orang yang merendahkan diri karena Allah, melainkan Allah akan mengangkat derajatnya." (HR. Muslim).

Baca Juga: 3 Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadan, Bisa Bikin Rezeki Semakin Lancar

2. Hadits keutamaan memberi

Dari Hakim bin Hizam ra, dari Nabi Muhammad saw beliau bersabda, "Tangan di atas lebih baik daripada tangan yang di bawah. Dan mulailah dari orang yang menjadi tanggunganmu.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini