Jadwal Puasa Arafah Arab Saudi dan Indonesia Berbeda? Catat Tanggalnya

Hadi Mulyono
Kamis 22 Juni 2023, 19:11 WIB
Ilustrasi puasa Arafah. (Sumber : pexels.com/Yasir Gürbüz)

Ilustrasi puasa Arafah. (Sumber : pexels.com/Yasir Gürbüz)

LABVIRAL.COM - Puasa Arafah merupakan suatu ibadah sunnah yang diyakini bisa menghapus dosa satu tahun lalu dan satu tahun yang akan datang.

Puasa ini dilaksanakan sehari sebelum Idul Adha, tepatnya pada tanggal 9 Zulhijjah ketika jemaah haji sedang melakukan wukuf di Padang Arafah.

Persoalannya, benarkah tahun ini jadwal puasa Arafah antara Arab Saudi dan Indonesia berbeda? Simak sampai habis artikel ini ya!

Baca Juga: Perbedaan Kurban Nazar dan Sunnah, Hukum hingga Pemanfaatan Dagingnya

Jadwal puasa Arafah 2023 Arab Saudi

Melansir Saudi Press Agency pada Kamis, 22 Juni 2023, pemerintah Arab Saudi menetapkan awal bulan Zulhijah 1444 H jatuh pada hari Senin, 19 Juni 2023.

Dengan demikian, hari raya kurban Idul Adha (10 Zulhijjah) akan dilaksanakan pada Rabu, 28 Juni 2023. Maka dari itu, puasa Arafah di Arab Saudi terjadi pada hari Selasa, 27 Juni 2023 ketika jemaah haji melaksanakan wukuf.

Tanggal yang ditetapkan pemerintah Arab Saudi, senada dengan keputusan PP Muhammadiyah yang sudah lebih dulu menetapkan Idul Adha akan jatuh pada tanggal 28 Juni 2023.

Baca Juga: Dzikir Petang Sesuai Sunnah Lengkap, Arab, Latin hingga Keutamannya

Jadwal puasa Arafah di Indonesia

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama (Kemenag) telah melakukan sidang isbat Idul Adha pada Minggu, 18 Juni 2023.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini