Mengenal Apa Itu Sholat Mutlak, Niat dan Tata Cara Pengerjaannya

Hadi Mulyono
Kamis 22 Juni 2023, 20:13 WIB
Ilustrasi salat sunnah mutlak. (Sumber : unsplash.com/Masjid Pogung Dalangan)

Ilustrasi salat sunnah mutlak. (Sumber : unsplash.com/Masjid Pogung Dalangan)

LABVIRAL.COM - Ibadah sunnah sholat mutlak merupakan salah satu amal saleh yang sangat dianjurkan bagi setiap muslim yang ingin menambah pahala.

Sebagian dari kita mungkin masih penasaran dengan ketentuan dan syarat sholat yang satu ini sehingga perlu dijelaskan lebih lanjut.

Maka dari itu, yuk simak sampai habis artikel ini untuk mengetahui lebih detail yang dimaksud sholat mutlak. Apakah ada perbedaan dengan sholat pada umumnya? Keep reading guys!

Baca Juga: Perbedaan Kurban Nazar dan Sunnah, Hukum hingga Pemanfaatan Dagingnya

Apa itu sholat mutlak?

Sholat mutlak adalah sholat yang hukumnya sunnah dan dikerjakan tanpa terikat waktu. Artinya, ibadah ini boleh dikerjakan kapan saja asalkan tidak bertepatan dengan waktu yang dilarang sholat seperti setelah subuh dan setelah asar.

Di samping tidak terikat oleh waktu, jika ingin menunaikan sholat ini juga tidak perlu menunggu sebab tertentu, sebagaimana sholat sunnah gerhana yang perlu menunggu terjadinya fenomena alam tersebut.

Lebih lanjut, sholat mutlak tidak mempunyai aturan khusus tentang jumlah rakaatnya. Akan tetapi, biasanya seseorang yang mengerjakan ibadah ini akan melakukannya sebanyak dua rakaat dan satu salam.

Baca Juga: 8 Perkara Sunnah dalam Penyembelihan Hewan Kurban

Adapun tempat pengerjaan ibadah yang bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah ini, boleh di masjid, mushola, langgar, rumah dan tempat mulia lainnya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini