7 Keutamaan Hamdalah, Salah Satunya Menambah Rezeki

Hadi Mulyono
Minggu 16 Juli 2023, 15:53 WIB
Ilustrasi keutamaan hamdalah. (Sumber : pexels.com/Michael Burrows)

Ilustrasi keutamaan hamdalah. (Sumber : pexels.com/Michael Burrows)

LABVIRAL.COM - Keutamaan hamdalah (Alhamdulillah) harus diketahui setiap muslim karena kalimat ini merupakan salah satu bacaan zikir.

Kalimat yang termasuk dalam Surah Al Fatihah tersebut, bahkan dianjurkan dibaca sebanyak-banyaknya karena mempunyai segudang manfaat.

Berikut ini Labviral.com bagikan keutamaan hamdalah yang dirangkum dari berbagai sumber. Simak sampai habis ya! 

Baca Juga: 8 Perkara Sunnah dalam Penyembelihan Hewan Kurban

1. Mendapat ganjaran kebaikan

Rasulullah saw bersabda, "Sesungguhnya Allah ‘Azza wa Jalla telah memilih empat perkataan, yaitu subhanallah, alhamdulillah, laa ilaaha ilallah, dan allahu akbar. Barangsiapa mengucapkan “Subhanallah” maka akan dituliskan untuknya dua puluh kebaikan dan dihapuskan darinya dua puluh kesalahan. Barangsiapa mengucapkan “Allahu Akbar” maka akan dituliskan untuknya seperti itu pula. Barangsiapa mengucapkan “Laa ilaaha illallah” maka akan dituliskan untuknya seperti itu pula. Dan barangsiapa mengucapkan “Alhamdulillahi Rabbil ‘alamin” dari dalam hatinya, maka akan dituliskan untuknya tiga puluh kebaikan dan dihapuskan darinya tiga puluh kesalahan.” (HR. Ahmad).

2. Menambah rezeki

“Dan jika kalian manusia mau bersyukur atas nikmat yang telah aku berikan kepada kalian maka niscaya aku akan menambah nikmat yang telah aku berikan kepada kalian, dan jika kalian kufur (tidak mau bersyukur) maka ketahuilah niscaya siksa ku itu pedih.” (Q.S Ibrahim ayat 7).

Baca Juga: Perbedaan Kurban Nazar dan Sunnah, Hukum hingga Pemanfaatan Dagingnya

3. Kalimat pertama Nabi Adam

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu ia berkata, "Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 'Ketika Allah telah menciptakan Adam dan meniupkan di dalamnya roh, ia bersin, lalu mengucapkan Alhamdulillah, lalu ia memuji Allah dengan izin-Nya.” (HR. Tirmidzi).

4. Menentramkan jiwa

Masih terkait dengan yang dikatakan Allah dalam Surah Ibrahim ayat 7 di atas, keutamaan hamdalah yakni bisa menentramkan jiwa.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini