5 Hikmah Disunnahkannya Mandi Sebelum Salat Jumat

Hadi Mulyono
Jumat 28 Juli 2023, 08:17 WIB
Ilustrasi shower untuk mandi. (Sumber : freepik.com)

Ilustrasi shower untuk mandi. (Sumber : freepik.com)

LABVIRAL.COM - Salah satu sunnah berpahala besar pada hari Jumat adalah mandi sebelum pergi ke masjid untuk salat jumat secara berjemaah.

Rasulullah saw bersabda, "Barangsiapa berwudhu di hari Jumat, maka itu baik. Namun barangsiapa mandi ketika itu maka itu lebih afdhol.” (HR. An Nasai).

Sebagai amalan yang disunnahkan, tentunya mandi Jumat memiliki hikmah yang luar biasa di baliknya. Apa sajakah itu? Simak sampai habis artikel ini ya!

Baca Juga: Tafsir Surah Al Jumuah Ayat 9, Perintah Meninggalkan Pekerjaan untuk Salat Jumat

1. Seakan berkurban satu ekor unta

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa mandi pada hari jumat sebagaimana mandi janabah, lalu berangkat menuju masjid, maka dia seolah berkurban dengan seekor unta.

Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) kedua maka dia seolah berkurban dengan seekor sapi. Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) ketiga maka dia seolah berkurban dengan seekor kambing yang bertanduk.

Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) keempat maka dia seolah berkurban dengan seekor ayam.

Dan barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) kelima maka dia seolah berkurban dengan sebutir telur. Dan apabila imam sudah keluar (untuk memberi khotbah), maka para malaikat hadir mendengarkan zikir (khotbah tersebut).” (HR. Bukhari no. 881 dan Muslim no. 850).

Baca Juga: Pahala Membaca Al-Qur'an Meski Terbata-bata, Jangan Bosan untuk Belajar

2. Menjaga kebersihan

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini