Ini Alasan Rawon Jadi Sup Terbaik di Dunia Versi TasteAtlas

Sunardi
Selasa 01 Agustus 2023, 10:24 WIB
Ilustrasi rawon yang siap disantap. (Sumber : Instagram/rins.culinary)

Ilustrasi rawon yang siap disantap. (Sumber : Instagram/rins.culinary)

LABVIRAL.COM - Kabar baik datang dari dunia kuliner Indonesia. Baru-baru ini sebuah situs penilaian makanan TasteAtlas menempatkan rawon jadi sup terbaik di dunia pada Jumat (28/7) lalu.

Rawon yang menjadi masakan khas di Indonesia ini mendapatkan nilai 4,8 di TasteAtlas. Masakan yang berasal dari Jawa Timur itu pun mendapatkan peringkat 1.

"Rawon adalah masakan khas Indonesia yang berasal dari Jawa Timur. Sup beraroma ini biasanya dibuat dengan daging sapi yang direbus perlahan dan bahan tradisional Indonesia lainnya seperti daun jeruk, serai, jahe, dan cabai. Namun, elemen utamanya adalah buah kluwek," tulis keterangan TasteAtlas.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Pakistan yang Nikmat Kaya Akan Bumbu Rempahnya

Baca Juga: 5 Rekomendasi Makanan Khas Kota Cirebon Terbaik 2023 yang Nikmat dan Lezat, Beserta Alamat Lengkapnya

"Itu digiling dengan bahan dan rempah-rempah lain, memberikan hidangan rasa yang bersahaja dan asam serta warna hitam gelap yang unik. Asal muasal sajian tersebut diyakini dari kota Surabaya, ibu kota Jawa Timur," lanjut keterangan tersebut

Selain rawon, beberapa makanan sup dari negara lain juga disebutkan. TasteAtlas hanya memilih 10 makanan sup terbaik. Berikut ini adalah daftar lengkap 10 peringkat sup terbaik di dunia versi TasteAtlas:

  1. Rawon, Indonesia
  2. Tonkotsu ramen, Jepang
  3. Tom kha gai, Thailand
  4. Sopa de lima, Meksiko
  5. Taiwanese hot pot, Taiwan
  6. Ciorba radauteana, Romania
  7. Bori-bori, Paraguay
  8. Ramen, Jepang
  9. Shoyu Ramen, Jepang
  10. Zurek, Polandia

Penilaian TasteAtlas

Sebuah ensiklopedi tentang berbagai masakan tradisional yang dikumpulkan dari berbagai belahan dunia tersebut memang menarik. Termasuk pemeringkatan makanan pada jenis sup yang menjadikan rawon peringkat pertama.

Namun, penilai di dalam TasteAtlas tersebut berdasarkan oleh voting pembaca. Mereka bisa memberikan tiap peringkat yang ada pada setiap makanan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini