10 Makanan yang Dapat Dikonsumsi Setelah Olahraga untuk Pulihkan Energi

Sunardi
Rabu 28 Juni 2023, 16:33 WIB
Ilustrasi makanan sehat. (Sumber : freepik.com)

Ilustrasi makanan sehat. (Sumber : freepik.com)

LABVIRAL.COM - Olahraga menjadi aktivitas yang dapat menguras energi kita. Setelah melakukannya, tubuh kita memerlukan berbagai nutrisi untuk memulihkan energi yang telah hilang. Nutrisi tersebut dapat diperoleh dari makanan yang dikonsumsi setelah berolahraga.

Ada beragam makanan yang dapat dikonsumsi setelah olahraga untuk pulihkan energi kita. Makanan tersebut perlu mengandung nutrisi seperti protein, karbohidrat, dan lemak.

Idealnya, konsumsi makanan setelah olahraga tersebut dilakukan mulai 15 menit hingga satu jam setelahnya. Mengonsumsi ketiga nutrisi tersebut tak hanya berguna untuk memulihkan kembali energi, tapi juga untuk membangun massa otot tubuh dan mempersiapkannya berolahraga kembali.

Baca Juga: 6 Makanan yang Baik untuk Perkembangan Otak Anak, dari Telur hingga Oatmeal

Baca Juga: 5 Makanan yang Harus Dihindari agar Tidak Mengantuk di Siang Hari, Ada Kopi Susu

1. Buah-buahan

Ilustrasi buah-buahan yang penuh dengan nutrisi.Ilustrasi buah-buahan yang penuh dengan nutrisi. (Freepik.com/lifeforstock)

Rekomendasi makanan setelah olahraga untuk memulihkan energi tubuh yang pertama adalah buah-buahan. Sebagaimana yang kita tahu, mengonsumsi buah membawa berbagai manfaat bagi tubuh kita. Buah memiliki rasa yang enak dan mudah dicerna tubuh sehabis berolahraga.

Selain itu, buah juga mengandung vitamin dan gula alami yang dapat mencegah peradangan otot. Kamu bisa mengonsumsi buah-buahan seperti pisang, beri, nanas, kiwi, atau anggur untuk mempercepat pemulihan tubuhmu.

2. Greek yoghurt

Ilustrasi yoghurt siap disantap.Ilustrasi yoghurt siap disantap. (Freepik.com/jcomp)

Makanan selanjutnya adalah greek yoghurt. Makanan ini cocok dikonsumsi setelah olahraga untuk memulihkan energi tubuh yang hilang.

Greek yoghurt memiliki berbagai kelebihan dibanding yoghurt pada umumnya, seperti memiliki takaran gula yang rendah dan kadar protein yang dua kali lebih banyak. Kamu bisa mengonsumsi greek yoghurt bersama dengan buah atau kacang almond.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini