Rekomendasi 10 Makanan yang Memperlambat Penuaan

Zahwa Elia Azzahra
Kamis 23 Maret 2023, 01:51 WIB
Ilustrasi, seorang wanita tampak awet muda

Ilustrasi, seorang wanita tampak awet muda

LABVIRAL.COM - Semakin bertambah usia, proses penuaan adalah hal yang pasti dialami semua orang. Penuaan bisa terjadi karena beberapa faktor. Salah satunya yaitu gaya hidup yang tidak sehat, seperti mengonsumsi makanan cepat saji, kurang berolahraga atau bisa terjadi karena paparan polusi. 

Namun, penuaan bisa dicegah atau ditunda dengan mengubah pola gaya hidup, misalnya mulai memperhatikan asupan nutrisi makanan dan minuman yang lebih sehat. 

"Kita tidak dapat mengubah atau mengehntikan proses penuaan. Tetapi kita dapat memperlambatnya sehingga di usia 40-an dan 50-an tahun memiliki kulit yang sehat dan awet muda," ungkap ahli gizi Lovneet Batra dilansir Labviral.com dari laman Indianexpress. 

Baca Juga: 3 Cara Membuat Masker Wortel untuk Kesehatan dan Pertumbuhan Rambut

Nah berikut ini, ada beberapa makanan yang dipercaya dapat menunda dan memperlambat proses penuaan, sebagai berikut :

1. Pepaya

Papain, adalah enzim yang ditemukan dalam pepaya. Buah ini diyakini sebagai makanan yang baik untuk kesehatan kulit karena bermanfaat untuk mencegah penuaan. Buah ini kaya antioksidan, seperti likopen yang dapat bertahan melawan tanda-tanda penuaan.

Baca Juga: Manfaat Prosedur Kecantikan Peeling Wajah yang Harus Kamu Ketahui!

2. Delima

Delima juga mengandung senyawa yang disebut punicalagins yang dapat membantu menjaga kolagen di kulit dan memperlambat tanda-tanda penuaan. 

3. Sayuran Berdaun Hijau

Klorofil dalam sayuran berdaun hijau dapat meningkatkan kolagen di kulit, yang dapat berkontribusi mencegah penuaan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini