Wajah Bopeng Bekas Jerawat Bikin Gak Pede? Begini Cara Menghilangkannya!

Zahwa Elia Azzahra
Kamis 23 Maret 2023, 01:36 WIB
Ilustrasi -wajah bopeng karena jerawat

Ilustrasi -wajah bopeng karena jerawat

LABVIRAL.COM - Jerawat merupakan penyakit kulit yang bisa timbul kapan aja. Sebenarnya jerawat yang muncul itu sudah melalui beragam proses seperti tersumbatnya pori-pori dan adanya kelenjar minyak berlebih sehingga kotoran yang mengendap akan menjadi papul. Papul sendiri bentuknya seperti bintil yang akan menyebabkan peradangan dan bakteri pencetus jerawat.

Jika sudah muncul jerawat pada wajah, biasanya akan membuat sebagian orang gregetan untuk memecahkannya. Jika sudah pecah maka akan meninggalkan bekas dan jadinya meninggalkan bopeng atau lubang pada kulit wajah. Karena hal tersebut, beberapa orang menjadi kurang percaya diri dengan adanya bopeng pada wajah.

Baca Juga: Sering Salah, Ternyata Begini Cara Menggunakan Peeling Gel yang Benar

Lalu, bisakah bopeng di wajah menghilang? Jawabannya bisa. Namun tidak bisa hilang dengan sendirinya. Ada beberapa cara untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat di kulit wajah. Yuk simak rangkuman dari Labviral.com buat kamu!

Chemical Peeling

Salah satu cara agar bopeng di wajah bisa dihilangkan dengan cara perawatan chemical peeling. Jenis perawatan ini efektif untuk menghilangkan bekas luka. Proses perawatannya adalah dengan menggunakan teknik pengelupasan kimia dimana lapisan asam dioleskan ke wajah. Chemical peeling menghilangkan lapisan luar kulit dan membuatnya beregenerasi. Kulit bisa menjadi merah dan teriritasi setelah dikupas dan bisa mengelupas.

Baca Juga: Ketahui Apa Itu Jerawat Batu, Penyebab dan Cara Mengobatinya

Dermabrasi

Teknik perawatan ini dilakukan tanpa menggunakan bahan kimia, melainkan sikat kawat kecil. Sikat kawat kecil akan diputar mengenai kulit yang bopeng, untuk mengikis lapisan atas. Dermabrasi atau pengikisan ini dilakukan dengan anestesi lokal atau umum, tergantung pada ukuran area bopeng yang membutuhkan perawatan.

Microdermabrasi

Microdermabrasi adalah salah satu jenis perawatan lain yang digunakan untuk mengurangi bopeng dengan menghilangkan lapisan luar kulit. Microdermabrasi menggunakan menggunakan bahan abrasif, seperti kristal kecil bikarbonat atau aluminium oksida untuk menggosok lapisan luar kulit.

Baca Juga: Mau Coba Tarik Benang karena Kurang Mancung? Ini Prosedur dan Efek Sampingnya

Derma Filler

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini