Ketahui Apa Itu Jerawat Batu, Penyebab dan Cara Mengobatinya

Zahwa Elia Azzahra
Kamis 23 Maret 2023, 01:30 WIB
Ilustrasi, jerawat batu

Ilustrasi, jerawat batu

LABVIRAL.COM - Jerawat batu sangat menganggu penampilan kita dan kadang terasa nyeri bila disentuh. Jerawat ini muncul karena penumpukan minyak dan sel kulit mati di jaringan kulit bagian dalam.

Bentuk jerawat ini seperti benjolan merah yang cukup besar dan juga keras. Jenisnya masuk ke dalam kategori jerawat parah (meradang).

"Disebut jerawat batu karena bentuknya bulat, merasang dan tidak ada matanya oleh karena itu disebut dengan jerawat batu," kata dr. Edwin Tanihaha, Sp.KK dikutip Labviral.com dari kanal YouTube Gue Sehat.

Baca Juga: Mau Coba Tarik Benang karena Kurang Mancung? Ini Prosedur dan Efek Sampingnya

"Jerawat batu itu termasuk ke dalam kategori jerawat yabg meradang," lanjutnya.

Menurutnya, banyak faktor yang memicu timbulnya jerawat batu, seperti karena kebersihan kuli wajah, pola gaya hidup dan tidak memperhatikan asupan makanan. 

"Penyebab timbulnya jerawat batu itu merupakan multi faktor. Yang pertama, bisa juga karena kebersihan kita kurang, kemudian dari pola tidur nggak boleh begadang, pastikan kita juga minimal rokok, akohol dan konsumsi yang manis-manis, makanan berminyak harus dibatasi, serta minuman berkafein harus dibatasi," jelasnya.

Baca Juga: Sebaiknya Mencuci Wajah Berapa Kali Sehari? Ini Saran Ahli

Lebih lanjut, ia memberikan saran untuk mencegah terjadinya jerawat batu agar tidak semakin meradang dan parah. Edwin menjelaskan, perlunya untuk mengatur jam tidur terlebih dahulu serta menjaga pola makan dan menghindari asupan gula berlebih.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini