Asbabun Nuzul Surah An Nas, Berawal dari Sihir yang Dialami Nabi Muhammad

Hadi Mulyono
Senin 20 Maret 2023, 20:29 WIB
Ilustrasi Asbabun Nuzul Surah An Nas. (Sumber : pexels.com/belal obeid)

Ilustrasi Asbabun Nuzul Surah An Nas. (Sumber : pexels.com/belal obeid)

LABVIRAL.COM - Artikel ini akan membahas tentang asbabun nuzul Surah An Nas yang berawal dari suatu pengalaman Nabi Muhammad saw.

Surah yang terdiri dari enam ayat ini diturunkan di kota Makkah sehingga tergolong surah Makkiyah.

Bagaimana kisah yang melatarbelakangi turunnya Surah An-Nas? Tanpa perlu berlama-lama langsung saja simak artikel ini sampai habis ya!

Baca Juga: Tips Merawat Rem Cakram Sepeda Motor Agar Awet

Asbabun Nuzul Surah An Nas

Asbabun nuzul adalah latar belakang (penyebab) diturunkannya suatu ayat dari Allah Swt kepada Nabi Muhammad lewat perantara malaikat Jibril.

Surah An Nas diturunkan saat Nabi Muhammad saw mendapatkan sihir dari seseorang yang bernama Labid bin Al A’sham, dari Bani Zuraiq.

Sihir tersebut mengakibatkan Rasulullah saw sakit sehingga dijenguk oleh dua malaikat yang duduk di atas tempat tidurnya.

Baca Juga: Tips Beburu Tiket Kereta Api untuk Mudik Lebaran 2023

Awalnya Nabi saw tidak langsung mengetahui kalau dirinya telah terkena sihir. Namun berkat dua malaikat itulah, Nabi saw tahu bahwa terdapat benda untuk menyihir diletakkan di sebuah sumur.

Singkat cerita, Nabi Muhammad saw memerintahkan beberapa sahabatnya termasuk Ammar bin Yasir untuk mendatangi sumur tersebut.

Usai melakukan proses pencarian, akhirnya ditemukan kotak sihir berukuran kecil yang di isinya tali dengan jumlah 11 ikatan.

Baca Juga: 7 Bisnis Sampingan dengan Modal Dikit, tapi Bisa Datangkan Cuan Banyak

Dari kejadian itulah Allah Swt menurunkan wahyu berupa Surah Al Falaq dan Surah An Nas yang jumlah totalnya 11 ayat kepada Nabi Muhammad saw.

Apabila Nabi Muhammad saw membaca satu ayat, maka lepaslah ikatan sihir tersebut hingga ia terbebas dari gangguan tersebut.

Fakta tentang Surah An Nas

Surah An-Nas turun berbarengan dengan Surah Al Falaq yang bisa digunakan untuk memohon perlindungan kepada Allah.

Baca Juga: Biar Nggak Gampang Mogok, Begini Cara Merawat Sepeda Motor Saat Musim Hujan!

Oleh sebab itu, kedua surah tersebut dikenal dengan istilah al mu’awwidzatain yang artinya surah perlindungan.

Menurut sejumlah riwayat, surah tersebut sangat dianjurkan untuk dibaca agar dilindungi Allah dari marabahaya seperti sihir dan godaan setan yang terkutuk.

Hal ini terbukti bahwa diturunkannya surah tersebut berkaitan dengan pengalaman Nabi Muhammad saw ketika menerima gangguan dari seseorang.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Destinasi Wisata Dinikmati Saat Hari Kejepit

Demikian pembahasan tentang asbabun nuzul Surah An Nas yang menjadi bukti bahwa Allah Swt adalah sebaik-baik tempat memohon perlindungan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini