Pentingnya Memahami Makna Intoleransi Bagi WNI

Zahwa Elia Azzahra
Sabtu 25 Maret 2023, 23:08 WIB
Ilustrasi, bom

Ilustrasi, bom

LABVIRAL.COM -  Sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) sudah sepatutnya memahami makna intoleransi agar dapat mencegahnya, sehingga kerukunan antarsesama dapat terjadi.

Intoleransi adalah sebuah paham atau pandangan yang mengabaikan seluruh nilai-nilai dalam toleransi yaitu perasaan empati kepada orang atau kelompok lain yang berasal dari kelompok, golongan, atau latar belakang yang berbeda.

Kata intoleransi berasal dari prefik in- artinya "tidak, bukan" dan kata dasarnya ialah toleransi yang memiliki arti sifat atau sikap toleran, batas ukur untuk penambahan atau pengurangan yang masih diperbolehkan  penyimpangan yang masih dapat diterima dalam pengukuran kerja.

Baca Juga: Suzuki Satria 120R Motor Bebek 2 tak Termahal di Eranya?

Dalam hal ini, pengertian toleransi yang dimaksud adalah "sifat atau sikap toleran". Kata toleran didefinisikan sebagai "bersifat atau bersikap menenggang (menghargai, membiarkan, membolehkan) pendirian (pendapat, pandangan, kepercayaan, kebiasaan, kelakuan, dan sebagainya) yang berbeda atau bertentangan dengan pendirian sendiri."

Intoleransi agama dan budaya merupakan masalah yang sering dijumpai di Indonesia. Intoleransi agama meliputi dikucilkannya seseorang karena perbedaan agama yang dianut, merusak fasilitas ibadah dengan berbagai cara, termasuk bom bunuh diri.

Sementara intoleransi budaya adalah kondisi di mana sebuah kelompok yang cenderung sekuler dalam mengutamakan paham dan nilai budaya tertentu.

Baca Juga: Masih Bingung? Mari Ketahui Perbedaan SIM C Biasa, SIM C1 dan SIM C2

Pemicu Intoleransi

Ada berbagai faktor pemicu terjadi intoleransi di masyarakat salah satunya adalah perbedaan dalam memahami ajaran secara tekstual.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini