Profil PDIP, Peserta Pemilu Nomor Urut 3, Partai Paling Banyak Kursi di Parlemen

Zahwa Elia Azzahra
Minggu 26 Maret 2023, 02:37 WIB
Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri (kiri) dan Presiden Joko Widod dari partai PDIP (kanan)

Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri (kiri) dan Presiden Joko Widod dari partai PDIP (kanan)

LABVIRAL.COM - Partai nomor urut tiga di gelaran Pemilu 2024, yakni Partai Demokrat Indonesia Perjuangan (PDIP), memiliki 128 kursi di gedung parlemen.

PDIP adalah partai nasional, dan partai dari Presiden Indonesia saat ini, Joko Widodo. Ideologi partai didasarkan pada filosofi nasional resmi Indonesia, Pancasila.

PDI-P saat ini dipimpin oleh Megawati Soekarnoputri, Presiden Kelima Indonesia dan merupakan putri dari Presiden Pertama Indonesia Soekarno.

Baca Juga: Profil Nasdem, Peserta Pemilu Nomor Urut 5, Ketua Umum Pertamanya Bukan Surya Paloh

Sejarah berdirinya PDIP

Dikutip dari laman pdip.id, sejarah PDIP dapat dirunut mulai dari Partai Nasional Indonesia (PNI) yang didirikan oleh Ir Soekarno pada 4 Juli 1927.

PNI bergabung dengan Partai Musyawarah Rakyat Banyak (Partai Murba), Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia (IPKI), Partai Kristen Indonesia (Parkindo) dan Partai Katolik. Partai gabungan tersebut kemudian dinamakan Partai Demokrasi Indonesia (PDI) pada 10 Januari 1973.

Sejak awal terbentuk, konflik internal PDI terus terjadi dan diperparah dengan adanya intervensi dari pemerintah. Untuk mengatasi konflik tersebut, anak kedua dari Soekarno, Megawati Sukarnoputri didukung untuk menjadi ketua umum (Ketum) PDI.

Baca Juga: Profil PAN, Peserta Pemilu 2024 Nomor Urut 12, Lahir di Penghujung Orde Baru

Namun, pemerintahan Soeharto tidak menyetujui dukungan tersebut, kemudian Soeharto menerbitkan larangan mendukung pencalonan Megawati Sukarnoputri dalam Kongres Luar Biasa (KLB) pada 2-6 Desember 1993 di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini