Mengenal Politik Identitas, Strategi Menjatuhkan Lawan dengan Menyerang 'Identitasnya'

Zahwa Elia Azzahra
Minggu 26 Maret 2023, 03:42 WIB
Ilustrasi, politik identitas

Ilustrasi, politik identitas

LABVIRAL.COM - Apa yang dimaksud politik identitas? Diketahui bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya akan keberagaman suku, agama, ras dan budaya. Keberagaman itu membuat setiap elemen memiliki karakter sendiri sehingga menciptakan identitas masing-masing.

Begitu juga dalam politik. Dalam dunia politik kita sering mendengar politik identitas. Lalu apa sih sebenarnya politik identitas?

Politik identitas adalah sebuah alat politik suatu kelompok seperti etnis, suku, budaya, agama atau yang lainnya untuk tujuan tertentu. Misalnya sebagai bentuk perlawanan suatu kelompok atau sebagai alat untuk menunjukan jati diri kelompok tersebut.

Baca Juga: Profil Gerindra, Partai Peserta Pemilu 2024 Nomor Urut 2, Punya Visi Keren

Identitas dipolitisasi melalui interpretasi secara ekstrim, yang bertujuan untuk mendapat dukungan dari orang-orang yang merasa 'sama', baik secara ras, etnisitas, agama, maupun elemen perekat lainnya.

Puritanisme atau ajaran kemurnian atau ortodoksi juga berandil besar dalam memproduksi dan mendistribusikan ide "kebaikan" terhadap anggota secara satu sisi, sambil di sisi lain menutup nalar perlawanan atau kritis anggota kelompok identitas tertentu.

Menurut Abdillah (2022), politik identitas adalah politik yang fokus utama kajian dan permasalahannya menyangkut perbedaan-perbedaan yang didasarkan atas asumsi-asumsi fisik tubuh, politik etnisitas atau primordialisme, dan pertentangan agama, kepercayaan, atau bahasa.

Baca Juga: Profil Partai Golkar, Peserta Pemilu 2024 Nomor Urut 4, Pernah Berjaya di Era Soeharto

Politik identitas bisa diartikan sebagai cara berpolitik yang mengutamakan kepentingan kelompoknya yang didasari oleh kesamaan identitas, seperti agama, gender, budaya, dan lain-lain.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini