Ini Jenis Huruf yang Digunakan Rambu Petunjuk Jurusan

Haris Ma'ani
Rabu 29 Maret 2023, 16:00 WIB
Ilustrasi rambu petunjuk jurusan  (Sumber : Twitter/PUPR)

Ilustrasi rambu petunjuk jurusan (Sumber : Twitter/PUPR)

LABVIRAL.COM- Ketika sedang berkendara, baik di jalan raya maupun di jalan tol, pengemudi pasti akan menemukan papan rambu petunjuk jurusan yang terpampang sangat jelas.

Papan rambu petunjuk tersebut memang ditujukan sebagai informasi arah tujuan untuk kendaraan yang akan menuju daerah dan lokasi tertentu.

Bahkan, biasanya dimensi papan rambu petunjuk jurusan tersebut memiliki dimensi yang cukup besar dan memiliki warna cerah seperti hijau dan biru.

Namun, selain warna yang memiliki arti tertentu, jenis huruf yang dipakai pada rambu petunjuk urusan memakai font apa sih?

Baca Juga: Bakal Diuji di 5 Jalan Tol, Sistem Transaksi MLFF Diterapkan pada Akhir 2023

Dikutip dari laman Twitter PUPR, yang mengacu pada Permenhub No.13/2014 tentang Rambu Lalu Lintas, jenis huruf yang digunakan pada rambu petunjuk jurusan menggunakan clearview atau juga disebut Clearview Highway.

Jenis huruf petunjuk jalan

Jenis huruf yang masih masuk sebagai keluarga font sans-serif, font ini memiliki karakter yang tegas, solid, dan konsisten.

Selain itu, font ini juga mempunyai kesan yang lebih minimalis, modern, bersahabat, dan fleksibel.

Sekadar informasi, Clearview Highway awalnya dikembangkan oleh peneliti independen dengan bantuan Texas Transportation Institute dan Pennsylvania Transportation Institute, yang berada di bawah naungan pengawasan Federal Highway Administration (FHWA).

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini