Doa Menerima Zakat Fitrah Sesuai Sunnah, Arab, Latin dan Terjemahan

Hadi Mulyono
Rabu 19 April 2023, 15:43 WIB
Ilustrasi doa menerima zakat fitrah. (Sumber : unsplash.com/Rens D)

Ilustrasi doa menerima zakat fitrah. (Sumber : unsplash.com/Rens D)

LABVIRAL.COM - Salah satu aspek penting yang perlu diketahui umat muslim adalah bacaan doa menerima zakat fitrah sesuai sunnah.

Doa tersebut semakin perlu dipelajari dan dihafalkan bagi para mustahik atau penerima zakat fitrah agar apa yang diterimanya bisa mendatangkan keberkahan.

Menurut Al-Qur'an hanya para mustahik saja yang berhak dalam menerima zakat dari para muzakki (orang yang membayar zakat).

Baca Juga: Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga, Lengkap dengan Bahasa Jawa

"Sesungguhnya zakat-zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat (amil), para mualaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana." (QS. At-Taubah ayat 60).

Nah, di bawah ini merupakan dua bacaan doa menerima zakat fitrah yang bisa diamalkan oleh para mustahik sebagaimana dikutip dari laman Laziz Mu Jatim.

آجَرَكَ اللهُ فِيْمَا اَعْطَيْتَ، وَبَارَكَ فِيْمَا اَبْقَيْتَ وَجَعَلَهُ لَكَ طَهُوْرًا

Baca Juga: Dasar Hukum Diwajibkannya Zakat Fitrah Menurut Al-Qur'an

Ajarakallahu fi ma a'thaita wa baraka fi ma abqaita wa ja'alahu laka thahuran.

Artinya: "Semoga Allah memberikan pahala kepadamu pada barang yang engkau berikan (zakatkan) dan semoga Allah memberkahimu dalam harta-harta yang masih engkau sisakan dan semoga pula menjadikannya sebagai pembersih (dosa) bagimu”

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini