NOC Indonesia Umumkan 3 CdM untuk Multievent 2023, Salah Satunya Menteri PUPR

Dian Eko Prasetio
Selasa 14 Maret 2023, 20:09 WIB
Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari (dua kiri) bersama tiga CdM Indonesia, Lexyndo Hakim, Basuki Hadimuljono, dan Letjen TNI Maruli Simanjuntak.untuk gelaran multieven olahraga di 2023. (Sumber : NOC Indonesia/Naif Al’As)

Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari (dua kiri) bersama tiga CdM Indonesia, Lexyndo Hakim, Basuki Hadimuljono, dan Letjen TNI Maruli Simanjuntak.untuk gelaran multieven olahraga di 2023. (Sumber : NOC Indonesia/Naif Al’As)

LABVIRAL.COM - Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), pada Selasa (14/2) tadi, baru saja mengumumkan tiga Chef de Mission (CdM) untuk gelaran multieven olahraga di 2023.

Lexyndo Hakim akan menjadi CdM SEA Games 2023 Kamboja, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sebagai CdM Asian Games 2022 Hangzhou, dan Letjen TNI Maruli Simanjuntak menjadi CdM Asian Indoor and Martial Art Games (AIMAG) Bangkok-Chonburi 2021.

Ketiganya diumumkan oleh Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari dalam Surat Keputusan (SK) Penetapan CdM. Yang kemudian SK tersebut diserahkan kepada Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy yang selanjutnya memberikan secara simbolis kepada CdM terpilih.

"Dan di tangan mereka prestasi Indonesia bisa berjalan sukses dan membawa ke kejayaan," jelas Muhadjir.

Baca Juga: Tips Membentuk Mental Sportif Ala David Jacob, Atlet Disabilitas Berprestasi Indonesia

Raja Sapta mengatakan tidak sulit menentukan ketiga sosok tersebut untuk menjadi CdM Multievent olahraga di 2023. Sebab, ketiganya memiliki rekam jejak yang baik di dunia olahraga, hal tersebut yang melandasi NOC Indonesia untuk memilih nama-nama tersebut yang kemudian disetujui oleh pemerintah.

"Kami sudah lakukan pertimbangan dan sortir nama yang ada. Mereka adalah orang terbaik di bidangnya. Seperti pak Basuki selama di SEA  Games Vietnam lalu tak pernah meninggalkan atlet dayung di sana. Jadi kami rasa beliau pantas di Asian Games," ucap Okto -sapaan karib Raja Sapta.

"Kami sengaja mengumumkan CdM di awal tahun, sehingga CdM sebagai Kepala Kontingen memiliki waktu persiapan yang lebih panjang. Untuk ANOC World Beach Games (AWBG) 2023 nanti akan ada pengumuman selanjutnya. Surprise."

Ketiga CdM untuk Indonesia ini akan segera menunaikan tugasnya dalam waktu dekat. Sinergi dan kolaborasi antar stakeholder diharapkan mampu meraih prestasi terbaik untuk Indonesia. CdM SEA Games 2023, Lexyndo Hakim dalam waktu dekat bahkan berencana mengunjungi langsung pelatnas untuk melihat persiapan atlet.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini